Ada 8 Jenis BBM, Yuk Simak Apa Saja!

Ada 8 Jenis BBM, Yuk Simak Apa Saja!

Menurut Indonesiabaik.id, ada 8 Jenis Bahan Bakar Minyak (BBM) yang menjadi tulang punggung mobilitas modern, memastikan kendaraan bermotor tetap berjalan dengan lancar di jalan raya. Namun, di balik kemudahan ini, ada berbagai jenis BBM yang ditawarkan di pasar, masing-masing dengan karakteristik unik dan penggunaan yang berbeda.

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang berbagai jenis BBM yang tersedia, pengguna kendaraan dapat membuat pilihan yang lebih bijaksana sesuai dengan kebutuhan mereka, menggabungkan kinerja, efisiensi, dan pertimbangan lingkungan. Dalam menghadapi tantangan mobilitas modern, pemilihan BBM yang tepat adalah langkah pertama menuju masa depan yang lebih baik bagi transportasi global.

Dalam artikel ini, Admin Bengkelly akan menjelaskan mengenai jenis BBM yang paling umum digunakan, memberikan wawasan mendalam tentang setiap jenis dan bagaimana mereka memengaruhi kinerja kendaraan.

Berbagai Jenis BBM

Jenis BBM
Jenis BBM

Dalam mobilitas yang modern, berbagai jenis BBM menjadi penentu utama dalam menjaga kendaraan tetap hidup. Setiap jenis BBM memiliki karakteristik uniknya sendiri, tidak hanya mempengaruhi kinerja mesin, tetapi juga efisiensi penggunaan energi dan dampak lingkungan. Kami akan mengupas secara mendalam berbagai jenis BBM yang umum digunakan di Indonesia, memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang perbedaan masing-masing jenis BBM. Mari kita telusuri lebih jauh dan pahami peranan yang dimainkan oleh tiap jenis BBM dalam memenuhi kebutuhan mobilitas global saat ini.

Baca Juga:

Waspada! Ini yang Terjadi jika Mencampur BBM pada Mobil

Jenis BBM Untuk Bahan Bakar Bermesin Bensin

Bensin adalah jenis bahan bakar paling umum digunakan di dunia dan jenis bahan bakar yang disediakan oleh PT Pertamina (Persero). Menyediakan energi bagi kendaraan bermotor dengan mesin bensin. Dengan berbagai oktan, bensin memungkinkan pengguna untuk memilih kinerja yang sesuai dengan kebutuhan mereka, dari standar hingga premium.

1. Jenis BBM Pertamax Racing

Pertamax Racing adalah salah satu jenis bahan bakar yang dikembangkan khusus untuk kendaraan bermotor yang membutuhkan kinerja tinggi, seperti mobil balap dan motor sport. Dengan tingkat oktan yang tinggi dan formula aditif yang dirancang untuk mengoptimalkan pembakaran. Pertamax Racing memiliki oktan minimal 100, yang dirancang khusus untuk kendaraan balap dan kendaraan dengan kompresi mesin lebih dari 13:1. Pertamax Racing memberikan performa mesin yang unggul, meningkatkan akselerasi, respons, dan daya tahan. Dengan perlindungan mesin yang baik dan kepatuhan terhadap standar berkualitas tinggi, Pertamax Racing menjadi pilihan utama bagi penggemar otomotif yang mencari kinerja maksimal dari kendaraan mereka, terutama dalam konteks kompetisi balap.

Baca Juga:  Service Kaki Kaki Mobil: Membawa Keseimbangan ke Jalan

2. Jenis BBM Pertamax Turbo

Pertamax Turbo adalah dengan tingkat oktan yang tinggi dan formula yang disebut Ignition Boost Formula (IBF) dengan angka oktan 98, dan kadar sulfur rendah sehingga tidak merusak kualitas udara di sekitar. Untuk meningkatkan performa mesin dan efisiensi bahan bakar. Dengan kualitas unggul dan perlindungan mesin yang baik, Pertamax Turbo menjadi pilihan yang populer bagi pengguna kendaraan yang menginginkan kinerja maksimal dan efisiensi tinggi.

3. Jenis BBM Pertamax

Pertamax adalah salah satu jenis bahan bakar premium dengan tingkat oktan sekitar 92. Jenis BBM ini sangat disarankan untuk digunakan pada kendaraan dengan kompresi rasio 10:1 hingga 11:1 atau kendaraan berbahan bakar bensin yang menggunakan teknologi yang sebanding dengan injeksi bahan bakar elektronik (EFI). Dikenal sebagai pilihan yang ideal bagi kendaraan bermotor konvensional maupun modern, Pertamax memberikan perlindungan mesin yang baik dan kinerja yang optimal, menjadikannya favorit di kalangan pengguna yang mengutamakan kualitas dan keandalan.

4. Jenis BBM Pertalite

Pertalite adalah jenis BBM dengan tingkat oktan sekitar 90 dan warna hijau yang cerah. Dirancang sebagai alternatif ekonomis untuk kendaraan bermotor dengan kompresi 9:1 hingga 10:1. Pertalite menawarkan keseimbangan yang baik antara kinerja dan harga yang terjangkau. Dengan perlindungan mesin yang memadai dan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan jenis bahan bakar premium, Pertalite menjadi pilihan yang populer bagi pengguna kendaraan yang mencari efisiensi dan nilai ekonomis.

5. Jenis BBM Premium

Premium adalah salah satu jenis BBM yang umum digunakan, dengan tingkat oktan sekitar 88-90. Bahan bakar ini biasanya digunakan oleh kendaraan bermotor konvensional dan menawarkan keseimbangan yang baik antara performa dan harga yang terjangkau. Dengan perlindungan mesin yang memadai dan ketersediaan yang luas di stasiun pengisian bahan bakar, premium tetap menjadi pilihan utama bagi pengguna kendaraan yang mencari kombinasi yang baik antara kinerja dan biaya yang terjangkau.

Jenis BBM Bermesin Diesel

Diesel adalah bahan bakar utama untuk kendaraan diesel yang diproduksi oleh PT Pertamina (Persero), untuk memberikan tenaga dan efisiensi untuk truk, bus, dan kendaraan komersial lainnya. Dengan densitas energi yang tinggi, solar menyediakan daya tahan yang luar biasa dan penghematan bahan bakar yang signifikan.

1. Jenis BBM Pertamina Dex

Pertamina Dex adalah bahan bakar diesel berkualitas tinggi yang dirancang khusus untuk mesin diesel modern. BBM jenis ini menawarkan performa yang optimal, efisiensi bahan bakar yang tinggi, serta perlindungan mesin yang baik. Dengan tingkat cetane yang tinggi dan formula aditif yang dirancang secara khusus. Pertamina Dex menjadi pilihan utama bagi pengguna kendaraan diesel yang menginginkan kinerja maksimal dan keandalan yang tinggi.

Baca Juga:  Komponen Mobil Listrik, Bekerja Sama Kurangi Polusi Udara!

2. Jenis BBM Dexlite

Dexlite adalah jenis BBM diesel dengan tingkat cetane minimal 51 dan mengandung Sulfur maksimal 1200 ppm. Formula khusus yang berada di dexlite untuk meningkatkan performa mesin dan efisiensi bahan bakar. Sebagai pilihan yang ramah lingkungan dan ekonomis bagi kendaraan diesel. Dexlite menawarkan kombinasi yang baik antara kinerja optimal dan perlindungan mesin yang baik. Dengan harga yang terjangkau dan ketersediaan yang luas di stasiun pengisian bahan bakar. Dexlite menjadi solusi yang populer bagi pengguna kendaraan diesel yang mencari efisiensi dan nilai yang baik.

3. Jenis BBM Solar

Solar adalah jenis BBM yang umum digunakan untuk kendaraan bermotor dengan mesin diesel. Jenis bahan bakar ini memiliki densitas energi yang tinggi, memberikan tenaga yang kuat dan efisiensi yang baik. Sebagai pilihan yang andal untuk kendaraan komersial dan industri. Solar memiliki tingkat cetane 48 sesuai untuk kendaraan bermesin diesel dengan teknologi lama dengan kandungan sulfur 2500 ppm. Untuk meningkatkan performa mesin dan menawarkan daya tahan yang luar biasa. Dengan ketersediaan yang luas di stasiun pengisian bahan bakar. Solar tetap menjadi pilihan utama bagi pengguna kendaraan diesel yang mencari keandalan dan kinerja yang optimal.

Baca Juga – Bensin Mobil Boros? Yuk Cari Tahu!

Perbedaan Solar dan Bio Solar

Perbedaan Solar dan Bio Solar
Perbedaan Solar dan Bio Solar

Solar dan biosolar adalah dua jenis BBM yang berbeda dengan karakteristik yang unik. Berikut adalah perbedaan antara keduanya:

Sumber Bahan Baku

  • Solar, atau diesel, diproduksi dari minyak bumi melalui proses penyulingan. Ini adalah bahan bakar fosil yang berasal dari sumber non-renewable.
  • Biosolar diproduksi dari bahan baku nabati atau organik, seperti minyak kelapa sawit, minyak jarak, atau minyak biji rami. Ini adalah bahan bakar yang dapat diperbarui dan lebih ramah lingkungan.

Komposisi Kimia

  • Solar terdiri dari hidrokarbon yang berasal dari minyak bumi, dengan karakteristik cetane yang tinggi untuk meningkatkan performa mesin diesel.
  • Biosolar memiliki komposisi yang mirip dengan solar, tetapi dengan tambahan ester metil yang dihasilkan dari proses transesterifikasi minyak nabati. Ini memberikan karakteristik yang lebih ramah lingkungan dan mengurangi emisi karbon.

Keberlanjutan

  • Solar adalah bahan bakar fosil yang terbatas dan tidak dapat diperbarui, yang berarti pasokannya akan semakin berkurang seiring waktu.
  • Biosolar, sebagai bahan bakar yang diproduksi dari bahan baku nabati, dianggap sebagai opsi yang lebih berkelanjutan karena dapat diperbarui dan lebih ramah lingkungan.

Emisi dan Pengaruh Lingkungan

  • Solar cenderung menghasilkan emisi karbon yang tinggi dan memiliki dampak negatif pada lingkungan.
  • Biosolar memiliki potensi untuk mengurangi emisi karbon karena sumber bahan bakunya dapat diperbarui. Namun, dampaknya tergantung pada proses produksi dan sumber bahan bakunya.

Kinerja dan Efisiensi

  • Kinerja mesin dengan menggunakan solar biasanya sangat baik karena tingkat cetane yang tinggi.
  • Biosolar umumnya memiliki karakteristik yang mirip dengan solar dalam hal kinerja dan efisiensi, tetapi mungkin memiliki sedikit perbedaan dalam aspek-aspek tertentu karena komposisi kimianya yang sedikit berbeda.
Baca Juga:  Tips Mudik Lebaran yang Nyaman dan Aman

Dengan demikian, meskipun solar dan biosolar berbagi beberapa kesamaan dalam penggunaan sebagai bahan bakar untuk kendaraan diesel, perbedaan dalam sumber bahan bakunya, komposisi kimianya, dan dampak lingkungannya membuat keduanya menjadi pilihan yang berbeda bagi pengguna yang memiliki pertimbangan tertentu, seperti keberlanjutan lingkungan.

Perbedaan Jenis BBM Subsidi dan Non-Subsidi

Perbedaan BBM Subsidi dan Non-Subsidi
Perbedaan BBM Subsidi dan Non-Subsidi

Ketahuilah bahwa PT Pertamina adalah BUMN. Oleh karena itu, pemerintah juga akan terlibat secara langsung dalam menentukan harga bahan bakar minyak Pertamina. BBM subsidi dan non-subsidi adalah dua kategori utama bahan bakar minyak yang ditawarkan di berbagai negara, dengan perbedaan utama terletak pada subsidi pemerintah yang diberikan pada BBM subsidi. Berikut adalah perbedaan antara keduanya:

BBM Subsidi

Terlibat langsung dalam menentukan harga BBM Pertamina dan menjamin ketersediaannya di pasar domestik. Subsidi BBM juga hanya diberikan kepada produk tertentu. Di Indonesia, ada dua jenis BBM subsidi saat ini. Pertama, Pertalite menggunakan bensin oktan 90 dan biosolar menggunakan diesel dengan setana 48. Selanjutnya, harga komoditi tersebut lebih rendah dari harga pasar, dan penjualan produk tersebut dibatasi dengan kuota dan hanya dapat diakses oleh kelompok pembeli tertentu.

BBM Non-Subsidi

Dengan mengacu pada UU Minyak dan Gas Bumi Nomor 22 Tahun 2001, setiap perusahaan penyedia bahan bakar minyak memiliki hak untuk bersaing secara sehat. Oleh karena itu, bensin ini diperjual belikan tanpa campur tangan pemerintah dalam menetapkan harganya. Bahan Bakar Minyak (BBM) non-subsidi adalah jenis bahan bakar yang dijual dengan harga pasar tanpa adanya subsidi pemerintah. Ini berarti harga jual BBM non-subsidi ditentukan oleh faktor-faktor pasar seperti permintaan dan pasokan, biaya produksi, distribusi, serta pajak yang berlaku. Beberapa produk yang diproduksi oleh BBM non-subsidi termasuk pelumas Fastron, Bright Gas, Pertamax Turbo, Pertamina Dex, Dexlite, dan Pertamax. Produk-produk ini disarankan untuk digunakan pada kendaraan yang terbatas atau saat beralih dari BBM subsidi.

Kesimpulan

Setiap jenis BBM memiliki karakteristik unik dan penggunaan yang berbeda, untuk memenuhi kebutuhan kendaraan bermotor. Pemahaman yang mendalam tentang berbagai jenis BBM dapat membantu dalam memilih bahan bakar yang sesuai dengan kebutuhan, prioritas, dan tujuan spesifik. Jenis-jenis BBM mencakup BBM subsidi dan non-subsidi. BBM subsidi ditawarkan dengan harga yang lebih rendah karena adanya subsidi pemerintah, bertujuan untuk meringankan beban biaya hidup bagi masyarakat. Sementara itu, BBM non-subsidi dijual dengan harga pasar tanpa adanya subsidi, mencerminkan biaya produksi dan distribusi serta kondisi pasar yang berlaku. Kedua jenis BBM memiliki dampak yang berbeda terhadap ekonomi, lingkungan, dan ketersediaan.

Dengan memilih bahan bakar yang cocok untuk kendaraan Anda, kendaraan Anda juga harus dirawat agar tidak mengalami hal-hal yang tidak di inginkan. Percayakan perawatan kendaraan Anda pada Bengkelly. Untuk infromasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi 021 5080 8195 (Head Office) dan +62 856-0490-2127 (WhatsApp). Jika Anda adalah perusahaan logistik, Anda bisa mengisi form dibawah ini.

Form Registrasi