Cara Memperbaiki Mobil Penyok Ringan, Dijamin Ampuh!

Cara Memperbaiki Mobil Penyok Ringan, Dijamin Ampuh!

Mengetahui cara memperbaiki mobil penyok penting untuk menjaga penampilan dan nilai jual kendaraan. Kondisi mobil penyok tentunya sangat mengganggu sekalipun tidak berpengaruh terhadap performa mobil itu sendiri.

Mobil penyok bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk benturan ringan, terjatuhnya benda kecil, atau bahkan hantaman dari hewan kecil seperti burung atau rusa. Penyok ini umumnya terjadi di panel bodi mobil seperti pintu, kap, atau panel samping.

Penyok ringan biasanya tidak memengaruhi keamanan berkendara, tetapi dapat mempengaruhi integritas struktural dan keamanan airbag jika penyok berlokasi di dekat sistem tersebut. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa kerusakan yang lebih serius jika mobil mengalami penyok yang lebih besar atau mendekati komponen penting. Untuk lebih jelasnya, simak artikel bengkelly.co.id di bawah ini yang bisa menjadi bahan atau referensi Anda jika sedang mengalami masalah serupa.

Penyebab Mobil Penyok

mobil penyok
mobil penyok

Mobil penyok merupakan sebuah kekurangan atau kecacatan yang terjadi pada bodi mobil yang tentunya sangat mengganggu. Meskipun kondisi ini tidak akan mempengaruhi performa mobil Anda, namun secara visual dapat mengurangi nilai dan estetika kendaraan.

Baca Juga:

Setir Mobil Terkunci: Kenali Penyebab, Dampak dan Solusinya!

Berikut ini adalah beberapa penyebab mobil penyok yang mungkin bisa terjadi, di antaranya:

  1. Kecelakaan atau Benturan: Tabrakan dengan kendaraan lain, dinding, atau objek lainnya dapat menyebabkan mobil mengalami penyok. Benturan ini bisa terjadi di bagian depan, belakang, atau samping mobil.
  2. Tergores atau Tergores: Mobil bisa penyok karena terkena benda tajam seperti kunci, batu, atau cabang pohon yang mengakibatkan goresan yang cukup dalam sehingga menyebabkan permukaan mobil menjadi penyok.
  3. Korosi: Korosi atau karat pada panel bodi mobil dapat melemahkan kekuatan material, sehingga rentan terhadap penyok akibat tekanan ringan atau benturan.
  4. Cuaca Ekstrem: Suhu atau kondisi cuaca yang ekstrim seperti hujan es atau badai angin besar dapat menyebabkan benda-benda besar atau pecahan benda terbang dan menyebabkan penyok pada mobil.
  5. Ketidakhati-hatian saat Parkir: Parkir di tempat yang sempit atau tidak hati-hati saat memarkirkan mobil bisa menyebabkan penyok jika mobil bersentuhan dengan dinding, tiang, atau kendaraan lain.
  6. Ketidakhati-hatian saat Berkendara: Menabrak trotoar, lubang di jalan, atau benda lainnya saat berkendara bisa menyebabkan penyok pada mobil.
  7. Tindakan Manusia: Tindakan manusia seperti vandalisme atau sabotase juga menyebabkan mobil mengalami penyok akibat pemukulan atau goresan yang disengaja.
  8. Proses Produksi: Kesalahan dalam proses produksi seperti kesalahan pembentukan panel bodi atau ketidaksempurnaan pada cat juga menyebabkan mobil menjadi lebih rentan terhadap penyok.
Baca Juga:  Oli Mobil Rembes? Ketahui Yuk Cara Mengatasinya

Semua faktor ini dapat berkontribusi terhadap kerentanan mobil terhadap penyok. Oleh sebab itu, penting untuk memperhatikan lingkungan sekitar serta merawat mobil dengan baik untuk mencegah kerusakan yang tidak diinginkan.

Cara Memperbaiki Mobil Penyok dengan Mudah

mobil penyok
mobil penyok

Seperti yang telah disebutkan di atas, mobil penyok ringan bisa disebabkan karena berbagai faktor. Namun Anda tak perlu takut dan khawatir karena terdapat beberapa metode perbaikan yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah tanpa harus pergi ke bengkel.

Metode perbaikan tersebut tergantung pada tingkat kerusakan dan material bodi mobil. Namun jika yang terjadi adalah penyok ringan, Anda tidak perlu menunggu antrian di bengkel dan mengeluarkan kocek lebih dalam untuk membawa mobil Anda kembali dalam kondisi bagus. Berikut adalah beberapa cara memperbaiki mobil penyok yang dapat Anda lakukan antara lain:

Baca Juga:

Menghilangkan Jamur pada Mobil Merupakan Kunci Mobil Berkilau

1. Menggunakan Hair Dryer dan Cairan Karbondioksida

Menggunakan pengering rambut dan cairan karbondioksida adalah metode yang bisa digunakan untuk memperbaiki penyok ringan pada mobil, terutama pada panel bodi yang terbuat dari logam seperti baja.

Hidupkan pengering rambut dan arahkan ke area penyok selama beberapa menit. Panaskan area tersebut secara merata untuk membuat logam menjadi lebih fleksibel dan mudah dibentuk. Setelah area penyok dipanaskan dengan baik, gunakan alat penghilang penyok seperti alat penyedot udara atau palu vakum. Tempatkan alat tersebut di tengah-tengah penyok dan tekan tombol atau pegangan untuk mulai menciptakan tekanan negatif.

Sama halnya untuk penggunaan cairan karbondioksida, tuangkan sedikit cairan karbondioksida ke area penyok menggunakan botol aplikator atau pipet. Pastikan untuk tidak menggunakan terlalu banyak cairan, karena hal ini dapat menyebabkan pembekuan yang cepat. Cairan karbondioksida akan membeku ketika terpapar ke udara, sehingga menyebabkan penyok mengerut. Tunggu beberapa saat hingga proses pembekuan selesai. Setelah penyok terlihat mengkerut, gunakan tangan Anda atau alat penghilang penyok untuk meratakan kembali area yang terpengaruh. Pastikan untuk bekerja dengan lembut dan hati-hati.

2. Menggunakan Air Panas

Cara memperbaiki mobil penyok yang selanjutnya adalah dengan menggunakan air panas. Metode ini kadang-kadang digunakan untuk mengatasi penyok kecil pada mobil. Namun, perlu diingat bahwa metode ini mungkin tidak selalu efektif dan dapat meninggalkan jejak atau kerusakan tambahan jika tidak dilakukan dengan hati-hati.

Tuangkan air panas ke area penyok dengan hati-hati. Biarkan air panas meresap ke dalam logam dan membantu mengembalikan keelastisan logam pada area yang terkena penyok. Setelah air panas meresap ke dalam logam dan membuatnya menjadi lebih fleksibel, gunakan alat penghilang penyok seperti palu vakum atau penyedot udara untuk menarik penyok keluar. Tempatkan alat tersebut di tengah-tengah penyok dan tekan tombol atau pegangan untuk mulai menciptakan tekanan negatif atau vakum yang diperlukan untuk menarik penyok keluar.

Perlahan-lahan tarik alat penghilang penyok keluar dari penyok sambil memberikan tekanan yang konsisten. Lakukan dengan hati-hati dan jangan terlalu memaksakan atau menerapkan tekanan berlebihan yang dapat merusak permukaan mobil.

Baca Juga:  Jenis Oli Mobil: Pentingnya Memilih Oli yang Tepat

3. Menggunakan Es Batu

Memperbaiki penyok mobil dengan menggunakan es batu adalah metode yang sederhana dan diyakini bisa membantu mengurangi ukuran penyok pada mobil. Namun, perlu diingat bahwa efektivitas metode ini tergantung pada tingkat kerusakan dan jenis bahan bodi mobil.

Tempelkan es batu yang dibungkus dalam kain atau kantong plastik langsung ke area penyok. Biarkan es batu berada di atas penyok selama beberapa menit. Tujuan dari penggunaan es batu adalah untuk mendinginkan area penyok, yang diharapkan dapat membantu mengembalikan elastisitas logam. Setelah area penyok cukup dingin, gunakan tekanan tangan atau alat yang tepat untuk menarik penyok keluar. Anda bisa menggunakan jari-jari atau lap bersih untuk menekan dari bagian dalam penyok dan mencoba menekan penyok keluar.

Baca Juga:

Waspada Rem Blong! Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

4. Menggunakan Pops A Dent

Pops A Dent adalah alat yang dirancang untuk memperbaiki penyok kecil pada mobil secara mandiri tanpa perlu pergi ke bengkel.

Buka kemasan Pops A Dent dan siapkan alat serta aksesori yang diperlukan. Biasanya, Pops A Dent terdiri dari tabung vakum, penarik penyok, dan alat pengait. Pasang tabung vakum ke penyok dan pastikan itu berada di tengah-tengah area yang terkena.

Gunakan alat pengait untuk mengunci tabung vakum di tempatnya. Aktifkan alat untuk mulai menciptakan vakum di dalam tabung. Ini akan menarik bagian dalam penyok keluar, secara teoritis menghilangkan penyok. Setelah proses selesai, periksa dengan seksama untuk memastikan bahwa penyok telah berkurang atau hilang. Jika penyok masih terlihat, Anda mungkin perlu mengulangi proses atau mencoba metode lain.

5. Paintless Dent Repair (PDR)

Paintless Dent Repair (PDR) adalah metode yang sering digunakan untuk memperbaiki penyok pada mobil tanpa merusak cat. Metode ini melibatkan menggunakan alat khusus dan teknik tertentu untuk menarik atau mendorong penyok kembali ke bentuk semula.

PDR biasanya lebih efektif untuk penyok kecil atau menengah yang tidak melibatkan kerusakan cat. Gunakan alat khusus seperti alat penyedot vakum, alat penghilang penyok, atau alat penggunaan tekanan untuk menarik atau mendorong penyok kembali ke bentuk semula. Pada teknik PDR, alat-alat ini digunakan dengan hati-hati dan dengan tekanan yang tepat untuk memastikan bahwa penyok diperbaiki tanpa merusak cat. Setelah proses perbaikan selesai, periksa dengan seksama untuk memastikan bahwa penyok telah berhasil diperbaiki. Pastikan untuk melihat dari berbagai sudut dan pencahayaan yang berbeda untuk memastikan hasil yang memuaskan.

Selalu diingat bahwa teknik PDR memerlukan keahlian dan pengalaman yang tepat untuk mendapatkan hasil yang optimal. Jika Anda tidak yakin atau tidak nyaman melakukan proses ini sendiri, lebih baik mendapatkan bantuan dari profesional bengkel otomotif yang terlatih dalam teknik PDR.

Harga Bodi Repair Mobil Penyok

Harga Perbaikan
Harga Perbaikan

Secara umum, biaya perbaikan penyok mobil di Indonesia bisa berkisar mulai dari beberapa ratus ribu hingga beberapa juta rupiah, tergantung pada faktor-faktor tertentu. Faktor-faktor tersebut antara lain:

  1. Ukuran dan Keparahan Penyok: Semakin besar atau parah penyoknya, semakin mahal biaya perbaikannya. Penyok kecil mungkin dapat diperbaiki dengan metode yang lebih sederhana dan biaya yang lebih rendah, sementara penyok yang lebih besar atau kompleks mungkin memerlukan perbaikan yang lebih rumit dan mahal.
  2. Lokasi Penyok: Lokasi penyok juga memengaruhi biaya perbaikan. Penyok yang terletak di bagian yang sulit diakses atau yang memerlukan penyesuaian khusus seperti di sekitar panel pintu atau bagian yang berkontur kompleks mungkin memerlukan lebih banyak tenaga kerja dan waktu, yang dapat meningkatkan biaya perbaikan.
  3. Metode Perbaikan: Ada beberapa metode perbaikan penyok mobil yang berbeda, termasuk penggunaan alat penarik, penggunaan pengisian dan pengecatan (fill and repaint), atau bahkan penggantian panel bodi secara keseluruhan. Biaya perbaikan akan bervariasi tergantung pada metode yang digunakan.
  4. Tipe Mobil dan Model: Biaya perbaikan juga dapat dipengaruhi oleh merek, model, dan tahun produksi mobil. Mobil dengan suku cadang yang lebih mahal atau sulit didapat mungkin memiliki biaya perbaikan yang lebih tinggi.
  5. Lokasi Geografis: Biaya perbaikan bodi mobil dapat bervariasi berdasarkan lokasi geografis tempat Anda tinggal. Di daerah dengan biaya hidup yang tinggi, harga perbaikan mungkin lebih mahal dibandingkan dengan daerah yang lebih terpencil atau dengan biaya hidup yang lebih rendah.
Baca Juga:  Service Kaki Kaki Mobil: Membawa Keseimbangan ke Jalan

Kesimpulan

Perbaikan mobil penyok di rumah dapat menjadi pilihan yang menarik bagi beberapa orang, tetapi perlu memperhatikan beberapa hal. Dengan kemampuan dan alat yang tepat, perbaikan sendiri bisa menghemat biaya dan waktu, serta memberikan kepuasan tersendiri. Namun, perlu diingat bahwa perbaikan mobil yang melibatkan bodi seringkali memerlukan keterampilan yang cukup dan dapat berisiko jika tidak dilakukan dengan benar. Ada juga kemungkinan bahwa hasilnya tidak sesempurna yang bisa mempengaruhi nilai jual mobil. Jika Anda tidak yakin atau tidak memiliki pengalaman yang cukup, lebih baik untuk mempercayakan perbaikan pada bengkel profesional yang memiliki keahlian dan peralatan yang sesuai.

Demi kepuasan visual mobil Anda, jika Anda masih ragu apakah bisa memperbaiki mobil penyok sendiri atau tidak sebaiknya Anda mempercayakan perawatan mobil Anda kepada bengkel profesional. Jika Anda belum memiliki tempat rekomendasi yang tepat, maka kami menawarkan bengkel yang aman dan terpercaya dengan mekanik andal dan berpengalaman. Di Bengkelly Anda dapat menikmati berbagai jenis servis pada kendaraan Anda termasuk mobil penyok atau permasalahan lainnya. Anda dapat menghubungi kami di +62 811-9510-175 dan atau +62 812-9261-2200 dan atau melalui email [email protected]. Untuk keterangan lebih lanjut Anda dapat mengisi form di bawah ini yang telah disediakan oleh Admin.

Form Registrasi