Kehabisan Bensin di Jalan Tol? Jangan Panik, Ini Solusinya!

Kehabisan Bensin di Jalan Tol? Jangan Panik, Ini Solusinya!

Lupa mengisi bensin di SPBU ataupun di Rest Area sekitar sehingga mobil Anda tiba-tiba kehabisan bensin di jalan? Jangan panik, tenang saja. Masih ada beberapa opsi yang bisa kamu lakukan saat bahan bakar mobil kamu habis.

Peristiwa kehabisan bensin mobil di tengah jalan tol sebenarnya bukanlah hal baru, ada beberapa pengemudi khususnya mereka yang mengemudi dengan jarak yang cukup jauh sering kali lupa memeriksa indikator bensin yang sudah menipis.

Akibatnya, Anda akan mengalami kehabisan bensin padahal perjalanan Anda masih jauh. Tentunya Anda harus mencari bensin darurat untuk kembali menjalankan kendaraan Anda. Hal yang harus Anda lakukan pertama kali adalah tetap tenang, jangan panik, masih ada solusi yang bisa Anda lakukan di jalan tol. Untuk itu, simak beberapa tips yang akan bengkelly.co.id bagikan berikut ini.

Apa Penyebab Pengemudi Bisa Kehabisan Bensin di Jalan Tol?

Kehabisan Bensin di Jalan
Kehabisan Bensin di Jalan

Pengendara mobil bisa saja kehabisan bensin di tengah jalan tol. Meskipun jalan tol biasanya dilengkapi dengan stasiun bensin dan tanda-tanda yang memberikan informasi tentang jarak ke stasiun bensin berikutnya, namun terkadang situasi yang tidak terduga bisa terjadi. Beberapa alasan mengapa pengendara mobil bisa kehabisan bensin di tengah jalan tol antara lain:

Baca Juga:

10 Kesalahan Sopir Bus di Jalan Tol, No 7 Bikin Gedek!
  • Lupa Mengisi Bensin: Kehabisan bensin bisa terjadi jika pengendara tidak memperhatikan tingkat bensinnya sebelum memulai perjalanan.
  • Perhitungan Jarak yang Salah: Terkadang pengendara mengira masih ada cukup bensin untuk mencapai tujuan tanpa perlu mengisi bensin di stasiun yang tersedia di jalan tol.
  • Kendaraan yang Mengkonsumsi Bensin Lebih Banyak: Kendaraan yang memiliki masalah mekanis harus bekerja lebih keras, itu bisa menyebabkan konsumsi bensin yang lebih tinggi dari biasanya.
  • Trafik yang Lebih Padat dari Biasanya: Adanya kemacetan lalu lintas membuat mobil bekerja lebih keras untuk menavigasi jalan tol. Hal itu mengurangi efisiensi bahan bakar dan mempercepat konsumsi bensin.
  • Kecelakaan atau Penutupan Jalan: Adanya kecelakaan atau penutupan jalan yang tidak terduga memaksa pengendara mengambil rute alternatif yang tidak memiliki stasiun bensin di dekatnya.
  • Kendaraan yang Beroperasi dengan Bahan Bakar Rendah: Pengendara yang terbiasa menggunakan bahan bakar hingga batas yang sangat rendah sebelum mengisi ulang.
Baca Juga:  Bagaimana Cara Mengatasi Kopling Mobil Keras? Yuk Simak!

Menghindari kehabisan bensin di jalan tol memerlukan kesadaran dan perencanaan yang baik. Penting bagi pengendara untuk memeriksa tingkat bensin mereka secara teratur, melakukan perhitungan jarak dengan cermat, dan mengisi bensin di stasiun yang tersedia sebelum memasuki jalan tol.

Tips Mencegah Kehabisan Bensin di Tengah Jalan Tol

Kehabisan Bahan Bakar di Jalan Tol
Tips Mencegah Kehabisan Bensin di Jalan

Untuk mengatasi kehabisan bensin di tengah jalan tol, ada beberapa hal yang harus Anda siapkan sebelum melakukan perjalanan. Hal ini penting dilakukan demi keamanan dan kenyamanan Anda saat berkendara. Beberapa hal penting tersebut antara lain:

  • Periksa Tingkat Bensin: Pastikan Anda memiliki cukup bensin di tangki sebelum memulai perjalanan.
  • Siapkan Cadangan Bensin: Siapkan cadangan bensin di dalam kendaraan Anda. Anda dapat menyimpannya di bagasi untuk keadaan darurat.
  • Rencanakan Rute: Rencanakan rute Anda dengan baik dan pastikan untuk memilih rute yang melalui daerah yang memiliki banyak stasiun bensin.
  • Kenali Jarak Tempuh: Perhitungkan jarak tempuh perjalanan Anda dan pastikan untuk mengisi bensin di stasiun sebelum memasuki daerah yang jarang memiliki fasilitas pengisian bensin.
  • Gunakan Aplikasi atau Peta: Gunakan aplikasi peta atau layanan navigasi yang terintegrasi dengan informasi stasiun bensin.
  • Perhatikan Tanda-Tanda: Ketika indikator bensin menunjukkan bahwa level bensin sudah rendah, segera cari stasiun bensin terdekat dan isi bensin.
  • Bawa Peralatan Darurat: Selalu bawa peralatan darurat seperti senter, reflektor, atau segitiga pengaman di dalam kendaraan Anda untuk situasi darurat seperti kehabisan bensin di tengah jalan.

Dengan melakukan persiapan ini sebelum melakukan perjalanan, Anda dapat mengurangi risiko kehabisan bensin di tengah jalan dan lebih siap mengatasi situasi darurat jika memang terjadi.

Baca Juga- 10 Type Mobil Paling Irit BBM Pilihan Tepat Untuk Keluarga

Solusi Aman saat Kehabisan Bensin di Tengah Jalan Tol

Kehabisan Bahan Bakar di Jalan Tol
Kehabisan Bahan Bakar di Jalan Tol

Kehabisan bensin di tengah jalan tol merupakan peristiwa yang cukup menegangkan apalagi jika Anda adalah pengemudi pemula. Akan tetapi, masih ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan jika hal ini terjadi daripada Anda panik dan takut.

Baca Juga:  Oli Power Steering: Ketahui Fungsi, Jenis, serta Tips Memilihnya!

Meski demikian, hal ini tidak diharapkan dapat menjadi patokan untuk pengemudi yang malas mengecek indikator bensin atau malas untuk isi ulang karena merasa jarak yang di tempuh tidak terlalu jauh. Berikut adalah beberapa solusi yang bisa kamu lakukan saat kehabisan bensin di tengah jalan tol:

Baca Juga – Bengkel Mobil Terdekat Cirebon, Andal dan Terpercaya

  1. Jangan Panik: Pertama-tama, tetap tenang. Kehabisan bensin mungkin membuat Anda stres, tetapi panik tidak akan membantu. Cobalah untuk tetap tenang dan fokus pada solusi.
  2. Pindahkan Kendaraan ke Tempat Aman: Arahkan kendaraan Anda ke sisi jalan atau bahu jalan yang aman agar tidak mengganggu lalu lintas.
  3. Hubungi Bantuan Darurat: Segera hubungi layanan darurat atau bantuan jalan seperti layanan derek atau layanan bantuan jalan resmi. Mereka dapat membawa bensin tambahan untuk Anda atau membantu menarik kendaraan Anda ke tempat yang aman.
  4. Minta Bantuan dari Pengguna Jalan Lain: Coba meminta bantuan dari pengguna jalan lain. Mereka mungkin bersedia membantu dengan memberikan bensin tambahan atau mengarahkan Anda ke stasiun bensin terdekat.
  5. Tunggu dengan Sabar: Jika tak kunjung mendapatkan bantuan, bersabarlah dan tetap di tempat yang aman. Hindari meninggalkan kendaraan Anda terlalu jauh atau di tempat yang tidak aman.
  6. Pertimbangkan untuk Mengisi Bensin Sementara: Anda dapat meminta seseorang mengawasi kendaraan Anda sementara Anda pergi mengisi bensin ke stasiun terdekat.
  7. Belajar dari Pengalaman: Setelah kejadian ini, pertimbangkan untuk selalu memeriksa tingkat bensin Anda sebelum melakukan perjalanan jauh.

Dengan tetap tenang dan mengambil langkah-langkah yang tepat, kehabisan bensin di jalan bisa diatasi tanpa terlalu banyak masalah. Tetap waspada dan selalu prioritaskan keselamatan Anda dan penumpang Anda dalam situasi darurat seperti ini.

Baca Juga:  Carbon Kap Mobil: Pahami Keuntungan dan Kekurangannya!

Informasi Layanan Tol yang Bisa Dihubungi

Informasi  Layanan Tol
informasi layanan tol

Apabila Anda mengalami masalah di jalan tol, ada beberapa layanan yang bisa Anda gunakan dan bisa Anda hubungi untuk menyelesaikan masalah Anda. Layanan ini bisa Anda gunakan tidak hanya saat kehabisan bensin saja, tetapi juga permasalahan lainnya yang terjadi pada armada kendaraan Anda. Beberapa layanan tersebut antara lain:

  • Layanan Call Center Darurat: 112
  • Pusat informasi jalan tol: 0813-8006-8000
  • Layanan Kepolisian: 110
  • Layanan pemadam kebakaran (Damkar): 113
  • Layanan SAR dan Basarnas: 115
  • Layanan ambulans: 118 atau 119
  • Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB): 117
  • Kementerian Perhubungan (Kemenhub): 151
  • Pusat Krisis Kemenkes RI: 0812-1212-319
  • BPJS Kesehatan: 1-500-400

Penting untuk selalu menjaga keamanan Anda saat meminta bantuan di jalan tol. Pastikan untuk berada di tempat yang aman dan menjauh dari lalu lintas yang bergerak cepat. Jika memungkinkan, nyalakan lampu hazard atau berikan tanda-tanda yang jelas bahwa Anda membutuhkan bantuan.

Kesimpulan

Pengemudi yang kehabisan bensin di tengah jalan tol adalah situasi darurat yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan. Situasi ini dapat terjadi karena berbagai alasan, termasuk lupa mengisi bensin sebelum perjalanan, perhitungan jarak yang salah, atau kendaraan yang mengonsumsi bensin lebih banyak dari biasanya. Penting bagi pengemudi untuk tetap tenang, pindahkan kendaraan ke tempat yang aman, dan mencari bantuan secepat mungkin.

Dengan reaksi yang tepat dan penanganan yang efisien, pengemudi dapat mengatasi kehabisan bensin dengan lebih baik dan melanjutkan perjalanan mereka dengan aman. Oleh karena itu, perencanaan yang cermat sebelum melakukan perjalanan dan perhatian terhadap tingkat bensin kendaraan menjadi kunci dalam mencegah kejadian ini terjadi.

Bagi Anda yang mengalami masalah kehabisan bensin di tengah jalan tol maupun permasalahan lainnya yang terdapat pada armada kendaraan Anda, khususnya di jalan tol Trans Jawa, Anda dapat mengunjungi rest area tersebut untuk meminta bantuan.

Tidak hanya itu saja, bagi Anda yang ingin melakukan servis kendaraan untuk menjaga performa mobil Anda supaya tetap prima, Bengkelly adalah solusi utama yang akan menyelesaikan segala jenis persoalan kendaraan Anda.

Anda dapat menghubungi pihak bengkel melalui nomor +62 811-9510-175 dan atau +62 812-9261-2200. Atau Anda juga dapat menghubungi pihak bengkel melalui email [email protected], kemudian pihak Bengkelly akan menghubungi Anda.