Yuk Ketahui Jenis-Jenis Cairan Wiper Mobil!

Yuk Ketahui Jenis-Jenis Cairan Wiper Mobil!

Cairan wiper mobil, sering kali dianggap sebagai detail kecil dalam perawatan kendaraan, sebenarnya memegang peran penting dalam keselamatan dan kenyamanan berkendara. Tidak hanya berfungsi untuk membersihkan kaca depan dari kotoran dan hujan, Cairan ini juga memiliki peran penting dalam menjaga pandangan Anda. Dengan kaca yang bersih dan jernih, Anda dapat menghadapi berbagai kondisi cuaca dan jalan dengan lebih percaya diri. Oleh karena itu Admin Bengkelly akan membahasnya, karena pemilihan dan pemeliharaan cairan wiper yang tepat menjadi aspek penting dalam menjaga kinerja sistem penyemprot kaca mobil.

Dalam dunia otomotif yang terus berkembang, pasar cairan wiper mobil menawarkan berbagai pilihan untuk memenuhi berbagai kebutuhan pengguna. Jenis cairan wiper beragam, mulai dari formulasi standar yang cocok untuk penggunaan sehari-hari hingga formula khusus musim dingin yang dirancang untuk melawan suhu ekstrem. Pengguna juga dapat memilih antara cairan dengan tambahan aroma atau pewangi untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan. Dalam menghadapi banyaknya opsi ini, penting bagi Anda untuk memahami perbedaan antara masing-masing jenis cairan dan memilih yang sesuai dengan kebutuhan spesifik mereka.

Namun, tidak hanya jenis cairan wiper yang perlu diperhatikan, kualitas air yang digunakan sebagai bahan dasar juga memainkan peran penting. Penggunaan air destilasi atau air suling membantu mencegah penumpukan mineral dan kontaminan dalam sistem penyemprot, menjaga kaca tetap bersih dan bebas dari residu yang dapat mengurangi kejernihan. Dengan berkembangnya teknologi dan inovasi di industri otomotif, pemahaman terhadap peran cairan wiper dan pemilihan yang tepat menjadi langkah awal dalam merawat kendaraan dan memastikan pengalaman berkendara yang aman dan menyenangkan.

Fungsi Air Wiper Mobil

Cairan wiper mobil merupakan suatu cairan khusus yang digunakan untuk membersihkan dan meningkatkan kejernihan kaca depan dan belakang mobil. Kaca depan dan belakang mobil akan sangat mengganggu pemandangan saat sedang berkendara. Bahkan dapat menimbulkan bahaya saat berkendara.

Baca Juga:  Memahami Kinerja Rem Tromol Mobil dalam Dunia Otomotif

Cairan ini biasanya disemprotkan ke permukaan kaca mobil sebelum wiper bergerak, membantu membersihkan kotoran, debu, dan tetesan air hujan. Selain berfungsi untuk membersihkan kaca depan dan belakang mobil, cairan ini juga berfungsi sebagai perisai pelindung, mencegah timbulnya goresan pada permukaan kaca ketika wiper bergerak.

Jenis Cairan Wiper Mobil

Cairan wiper mobil memegang peran penting dalam menjaga visibilitas dan keamanan selama berkendara. Jenis cairan wiper yang digunakan dapat bervariasi tergantung pada kebutuhan dan kondisi cuaca di wilayah tertentu.

Dari formula standar yang cocok untuk penggunaan sehari-hari hingga formulasi khusus musim dingin yang dirancang untuk mengatasi suhu rendah. Pemahaman mendalam terhadap jenis-jenis cairan wiper ini menjadi kunci dalam menjaga kaca mobil tetap bersih, bebas noda, dan memberikan visibilitas yang optimal, sehingga memberikan Anda kenyamanan dan keamanan saat berada di jalan.

Air Wiper atau Wiper Fluid

Cairan Wiper Mobil
Cairan Wiper Mobil

Cairan wiper mobil ini khusus dirancang untuk membersihkan kotoran yang terdapat pada permukaan kaca depan dan belakang mobil. Bebrapa jenis wiper fluid juga tersedia dalam bentuk konsentrat yang perlu diencerkan dengan air sebelum digunakan.

Bentuk konsentrat menyesuaikan kekentalan cairan sesuai dengan preferensi atau kondisi cuaca. Proses pencampuran ini juga memungkinkan pengguna untuk menghemat ruang penyimpan, karena dapat membawa konsentrat yang lebih ringan dan mengencerkan saat diperlukan.

Jenis cairan wiper ini sudah ada beberapa merek yang tersebar di pasaran, contohnya KIT Water Fluid dan Sonax Clear View. Setiap merek dijual dengan harga yang beragam, mulai dari 15 hingga 90 ribu per botol. Jika ingin menggunakannya, jangan lupa untuk mengikuti petunjuk yang tercantum pada kemasan.

Air Destilasi atau Air Suling

Air suling atau destilasi sama halnya dengan air accu untuk menambah volume cairan aki. Jenis cairan wiper ini merupakan air yang telah melewati proses pembersihan dan penyulingan untuk menghilangkan mineral, kontaminan, dan zat-zat lain yang dapat meninggalkan residu atau menyebabkan kerusakan pada sistem penyemprot kaca mobil. Tutup botol air suling biasanya berwarna biru. Harga air suling ini cukup murah hanya berkisar 10 sampai 15 ribu.

Air Campuran Cairan Pembersih

Jenis cairan wiper mobil yang terakhir adalah campuran air dengan cairan pembersih seperti cairan pencuci piring, sampo, atau bahkan teh yang sudah diseduh. Campuran cairan ini mampu menghilangkan lapisan minyak pada permukaan kaca mobil, namun pastikan agar pH-nya seimbang.

Baca Juga:  Apa Sih Fungsi Link Stabilizer Mobil? Yuk Simak!

Hindari penggunaan deterjen karena bersifat terlalu basa yang akan mengakibatkan kaca atau bodi mobil dapat cepat berjamur apabila cairannya sudah kering dan tertinggal di kaca. Gunakan cairan pembersih sebagai pilihan terakhir apabila Anda tidak dapat menemukan wiper fluid atau air suling.

Cara Mengisi Air Wiper

Mengisi Air Wiper
Cairan Wiper Mobil

Apabila Anda sudah memilih cairan yang terbaik untuk mobil Anda, selanjutnya untuk mengisi cairan tersebut di dalam mesin mobil, Anda perlu membuka kap mobil. Anda dapat membuka kap atau cover mobil terlebih dahulu. Setelah kap mobil sudah dibuka, pastikan kaitnya sudah terpasang dengan benar agar tangan tidak terjepit saat mengisi air wiper.

Setelah itu, Anda dapat mencari tabung air wiper yang biasanya terletak berada di bagian kiri depan. Kenali tabung untuk air wiper dan jangan sampai keliru dengan tabung oli steering. Jika dilihat sekilas memang cukup sulit untuk dibedakan, namun Anda dapat membaca tulisan pada bagian tutup tabung agar jangan sampai keliru.

Setelah menemukan tabung untuk mengisi air wiper, Anda bisa langsung menuangkannya. Disarankan untuk menggunakan air bersih agar mencegah penyumbatan pada lubang tempat keluaran. Itulah mengapa lebih baik menggunakan wiper fluid atau air suling. Jika sudah mengisi air wiper sampai batas maksimal, maka Anda dapat menutup tabung air wiper dan kap mobil kembali.

Rekomendasi Merek Air Wiper Mobil

Rekomendasi Air Wiper
Cairan Wiper Mobil

Dalam menjaga performa optimal sistem penyemprot kaca mobil, pemilihan cairan wiper yang tepat menjadi langkah penting bagi Anda yang peduli dengan kenyamanan dan keamanan berkendara. Rekomendasi merek air wiper yang dapat diandalkan dan terbukti kualitasnya menjadi informasi berharga bagi Anda yang mengutamakan perawatan detail kendaraan mereka.

  1. Waxco Wiper Fluid: Produk Malaysia ini dijual seharga Rp18 ribu. Dengan menggunakan cairan ini, kotoran membandel dan permasalahan kaca mobil berjamur dapat diatasi dengan mudah. Namun, Anda harus mencampurnya dengan air sebelum menggunakannya.
  2. KIT Wiper Fluid: Merek ini terkenal terpercaya efektif untuk membersihkan kotoran pada permukaan kaca yang disebabkan oleh hujan deras. Harganya sangat terjangkau, dengan kemasan 300 ml seharga Rp11 ribu. Untuk menggunakannya, campurkan cairan KIT wiper dengan air 1 liter.
  3. Sonax Clear View: Cairan wiper mobil ini dikenal karena berbentuk konsentrat dan berkualitas tinggi. Sebelum digunakan, campurkan 25 ml konsentrat dengan 2,5 liter air. Cairan ini berfungsi untuk melindungi kaca mobil dari goresan. Cairan ini cukup mahal, harganya sekitar Rp112 ribu untuk 250 ml.
  4. New Clean Wiper Wash: Cairan wiper mobil ini sangat efektif membersihkan kaca mobil dari kotoran dan bercak noda yang tertinggal. Namun harganya dikatakan mahal dibandingkan merek lainnya. Cairan ini harganya mulai dari Rp157 ribu per botol berisi 270 ml.
  5. Megacools Wiper Fluid: Untuk 500 ml wiper fluid, Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp22 ribu saja. Cairan wiper mobil jenis ini membuat kaca mobil terlihat kinclong. Anda juga tidak perlu khawatir karet wiper pada kaca menjadi rusak.
Baca Juga:  Pentingnya Sensor Alarm Mobil dalam Keamanan Kendaraan

Kesimpulan

Cairan wiper mobil muncul sebagai elemen kritis dalam menjaga visibilitas dan keselamatan selama berkendara. Fungsi utamanya dalam membersihkan kaca depan dari berbagai kotoran dan menjaga kejernihan kaca menjadi aspek vital dalam pengalaman berkendara. Penggunaan jenis cairan yang tepat dapat memberikan solusi yang optimal sesuai dengan kondisi cuaca dan kebutuhan.

Merawat sistem penyemprot kaca dengan cairan yang tepat dapat menghindari masalah seperti kekaburan kaca atau kinerja wiper yang buruk, yang dapat mengancam keselamatan Anda dan penumpang. Oleh karena itu, kesadaran akan pentingnya perawatan cairan wiper dan pemilihan yang bijaksana menjadi langkah krusial dalam menjaga kendaraan tetap dalam kondisi optimal serta memberikan pengalaman berkendara yang aman dan nyaman.

Apabila Anda merupakan perusahaan logistik yang ingin bekerjasama dengan Bengkelly, Anda dapat hubungi Bengkelly. Dengan layanan Bengkelly armada kendaraan Anda akan selalu bekerja secara optimal, dan pihak Bengkelly akan memberikan histori perbaikannya kepada Anda. Anda dapat menghubungi kami melalui email [email protected], nomor telepon 021 5080 8195/ 0856-0490-2127, atau Anda juga dapat mengisi form dibawah ini:

Form Registrasi