Ketahui Cara Memasang Wiper Mobil yang Mudah Bagi Pemula!

Ketahui Cara Memasang Wiper Mobil yang Mudah Bagi Pemula!

Wiper mobil, meski terkadang dianggap sebagai komponen sederhana, memegang peran yang sangat vital dalam memastikan keselamatan dan kenyamanan selama berkendara. Terutama pada kondisi cuaca buruk seperti hujan atau salju, wiper menjadi garda terdepan untuk menjaga kaca depan mobil tetap memberikan visibilitas yang optimal. Karena wiper mobil merupakan komponen yang penting, Anda harus dapat memahami cara memasang wiper mobil jika terdapat permasalahan pada wiper mobil Anda. Seperti yang akan Admin Bengkelly bahas kali ini.

Dengan fungsinya, perawatan dan penggunaan wiper yang tepat menjadi kunci untuk menjamin pengalaman berkendara yang aman dan tanpa hambatan. Selain dari segi fungsi praktisnya, perkembangan teknologi juga telah membawa inovasi pada wiper mobil. Kehadiran teknologi ini tidak hanya meningkatkan efisiensi pembersihan, tetapi juga memberikan pengemudi kenyamanan tambahan. Namun, kendati telah dilengkapi dengan fitur-fitur canggih, pemahaman terhadap cara merawat wiper tradisional tetap penting untuk memaksimalkan kinerja perangkat ini.

Menggali lebih dalam, wiper mobil juga dapat menjadi indikator kondisi keseluruhan kendaraan. Pisau karet yang aus atau mekanisme yang aus mungkin merupakan tanda bahwa perlu dilakukan perawatan lebih lanjut pada mobil. Oleh karena itu, memahami cara memasang, membersihkan, dan merawat wiper mobil bukan hanya mengenai kenyamanan dan keamanan selama berkendara, tetapi juga merupakan langkah proaktif dalam menjaga performa keseluruhan kendaraan.

Apa Itu Wiper Mobil?

Wiper mobil adalah sistem penyeka kaca depan yang berfungsi untuk membersihkan kaca dari air hujan, embun, dan kotoran. Tanpa adanya wiper, kaca mobil akan cepat tertutup embun dan membuat pandangan pengendara jadi terbatas. Hal ini dapat menyebabkan resiko kecelakaan. Apalagi ketika hujan deras dan mobil tidak menggunakan wiper, maka kaca mobil buram atau berembun.

Bagian ini terpasang di bagian depan dan belakang mobil. Fungsi keduanya sama yaitu meningkatkan visibilitas pengemudi saat menyetir. Wiper mobil biasanya dilengkapi dengan cairan pembersih khusus yang dapat disemprotkan untuk menghilangkan kotoran yang menempel dan menyeka air hujan dengan kecepatan yang disesuaikan.

Baca Juga:  Peranan Oli Rem Mobil dalam Keamanan Berkendara

Bagaimana Cara Memasang Wiper Mobil?

Wiper
Cara Memasang Wiper Mobil

Sebelum memasang wiper kaca mobil, pastikan untuk menyesuaikan ukuran dari panjang wiper pada mobil. Hal ini disebabkan karena setiap mobil memiliki ukuran yang berbeda-beda. Seperti mencuci mobil, angkat kedua wiper ke atas. Perhatikan bagian sendi tempat bilah karet yang bertemu dengan lengan wiper yang berbahan logam.

Pada bagian tersebut terdapat klip atau penjepit yang berfungsi untuk menahan bilah penyeka kaca tetap pada posisinya. Tekan klip atau bagian pengunci karet yang ada di bagian tengah wiper tersebut lalu dorong ke arah bawah sampai terlepas dari tangkai besinya. Pastikan untuk menjauhkan bagian ini dari kaca depan selama proses penggantian wiper mobil.

Apabila wiper lama sudah terlepas semua, maka ganti wiper dengan yang baru. Angkat dan pastikan lengan wiper logam berdiri tegak dan stabil. Ini akan membantu memasang wiper yang baru di tangkainya. Sangat penting untuk memperhatikan bahwa wiper mobil memiliki pegas atau per. Apabila dilakukan secara sembarangan, bagian ini dapat menyentak kembali, mengakibatkan retakan pada kaca depan mobil. Untuk mencegah tangkai wiper menimpa kaca, Anda dapat melapisi ujung tangkai dengan handuk atau lap tebal.

Langkah yang terakhir ketika mengganti wiper mobil yaitu memastikan bahwa alat pembersih kaca depan mobil tersebut telah benar-benar terpasang sempurna. Pastikan bagian karet wiper tidak terlepas dari tangkainya, yang dapat menyebabkan kerusakan pada kaca depan mobil. Jangan lupa untuk membersihkan bagian kaca depan mobil sebelum menurunkannya.

Tips Merawat Wiper Mobil

Merawat wiper mobil merupakan aspek penting dalam memastikan kelancaran dan keselamatan perjalanan Anda. Wiper menjadi penjaga utama visibilitas saat berkendara, terutama dalam kondisi cuaca ekstrem. Untuk menjaga kinerja wiper optimal, diperlukan perhatian dan perawatan secara berkala. Dengan memahami beberapa tips merawat wiper mobil, Anda dapat memaksimalkan umur pakai wiper dan memastikan pengalaman berkendara yang aman dan nyaman.

Mengecek Karet Wiper secara Berkala

Cara Memasang Wiper Mobil
Cara Memasang Wiper Mobil

Untuk menjaga performanya yang baik, wiper terdiri dari bagian blade (rangka besi) dan karet. Rangka besi berfungsi sebagai penyangga, dan karet digunakan untuk menghalau hujan dari kaca depan mobil.

Baca Juga:  Sistem Bahan Bakar Mobil, Bagaimana sih Proses Kerjanya?

Jika kondisi karet tidak diperbaiki, karet akan mudah rusak dan tidak berfungsi dengan baik. Anda hanya perlu memperhatikan tempat parkir untuk melakukan perawatan. Hindari memarkir mobil di tempat yang sangat panas. Nanti, panas matahari akan diserap kaca dan memengaruhi wiper. Dengan berjalannya waktu, semakin lama karet akan pecah. Mengangkat dan mengganjal wiper dapat membantu melindungi kaca dari panas.

Rawat Bagian Poros Wiper

Selain mengecek karet wiper secara berkala, Anda juga harus memperhatikan poros wiper mobil. Bagian poros mempunyai perang yang penting untuk menjaga pergerakan wiper ketika digunakan berkendara di musim hujan. Agar penggunaan wiper lebih awet, kamu dapat memberikan pelumas pada wiper secara berkala. Pelumas ini berfungsi agar poros tidak aus dan putarannya tidak lambat saat musim hujan.

Berhati-hati saat Mencuci Mobil

Anda harus rajin membersihkan atau mengelap wiper kaca mobil Anda. Jika Anda mencuci mobil, lakukan dengan hati-hati karena kotoran yang sudah mengeras hingga mengerak akan membuat wiper kotor dan mengurangi daya usapnya. Lap bagian wiper dengan perlahan.

Hal ini disebabkan karena bagian permukaan karet terdapat cairan khusus yang digunakan sebagai pelindung serta pelembab. Jangan sampai, lap yang digunakan untuk merawat wiper malah menghilangkan cairan ini dan akhirnya wiper sulit digerakkan.

Menyiram Wiper

Akan lebih baik jika wiper dibersihkan dengan air saja dan membiarkannya mengering sendiri. Hal ini membantu menghilangkan debu, kotoran, dan residu lain yang dapat menempel pada pisau karet wiper. Hindari penggunaan sabun cuci kendaraan untuk membersihkan wiper.

Membersihkan wiper secara berkala juga membantu mencegah goresan pada kaca mobil, yang dapat terjadi akibat gesekan antara pisau karet dan partikel-partikel kecil yang menempel. Jangan mengeringkan wiper dengan lap, karena hal tersebut dapat menghilangkan cairan khusus pada permukaan wiper.

Isi Cairan Wiper Mobil

Water Fuild
Cara Memasang Wiper Mobil

Cairan wiper, yang biasanya dicampur dengan air, berfungsi sebagai untuk membantu wiper membersihkan kaca mobil dari kotoran, debu, atau sisa hujan. Penting untuk secara teratur memeriksa dan mengisi ulang cairan wiper untuk memastikan ketersediaan yang cukup ketika dibutuhkan.

Cairan wiper mobil ini dapat melicinkan kaca, jadi gerakan kaca wiper tidak tersendat dan tidak membuat kaca tergores oleh wiper. Pilih cairan wiper yang tahan beku jika Anda berada di daerah dengan suhu rendah, untuk mencegah pembekuan cairan pada musim dingin yang dapat mengganggu kinerja wiper.

Baca Juga:  Seal Crankshaft Bocor? Ketahui Penyebab, Dampak dan Solusinya

Ganti Wiper secara Berkala

Walaupun wiper dirawat sebaik mungkin, bukan berarti ia dapat digunakan selamanya. Wiper memiliki usia sekitar satu tahun, jadi setelah satu tahun digunakan, Anda harus mengecek kondisinya.

Anda harus mengganti wiper mobil apabila muncul suara decit pada wiper atau karet terlihat getas. Penggantian wiper dapat berupa karetnya saja atau juga bagian dudukannya. Apabila keduanya sudah usang, maka Anda dapat melakukan penggantian untuk karet dan dudukan.Karena wiper memiliki ukuran yang berbeda-beda, pastikan Anda memilih yang tepat untuk mobil Anda.

Kesimpulan

Saat Anda berkendara di musim hujan, komponen mobil yang tidak boleh terlewatkan yaitu wiper mobil. Wiper mobil adalah merupakan alat untuk membersihkan kaca dari air hujan, embun, dan juga kotoran. Apabila tidak ada wiper mobil maka kaca akan tertutup embun dan membuat pandangan pengendara menjadi terbatas. Mungkin Anda seringkali merasa bahwa wiper mobil Anda tidak membersihkan air hujan dengan bersih, air hujan masih tersisa di kaca depan mobil Anda. Artinya, Anda harus mengganti wiper mobil Anda dengan yang baru.

Wiper mobil memang memiliki usia pakai yang cukup lama yakni sekitar satu tahun. Jadi walaupun Anda merawat wiper mobil Anda dengan baik, namun apabila usia pakainya sudah habis maka Anda harus menggantinya dengan yang baru. Anda dapat memasang wiper mobil sendiri di rumah dengan memahami bagaimana cara memasang wiper mobil. Tidak hanya memahami cara memasang wiper mobil, Anda dapat mengetahui cara merawat wiper mobil Anda sehingga dapat bekerja dengan optimal sampai habis usai pemakaiannya.

Apabila Anda merupakan perusahaan logistik yang ingin bekerjasama dengan Bengkelly, Anda dapat hubungi Bengkelly. Dengan layanan Bengkelly armada kendaraan Anda akan selalu bekerja secara optimal, dan pihak Bengkelly akan memberikan histori perbaikannya kepada Anda. Anda dapat menghubungi kami melalui email [email protected], nomor telepon 021 5080 8195/ 0856-0490-2127, atau Anda juga dapat mengisi form dibawah ini:

Form Registrasi