Jenis Kaca Film Mobil, Manakah yang Lebih Baik?

Jenis Kaca Film Mobil, Manakah yang Lebih Baik?

Kaca film mobil bukan hanya sekadar aksesori tambahan, tetapi juga memiliki peran signifikan dalam meningkatkan kenyamanan dan keamanan saat berkendara. Seiring perkembangan teknologi, berbagai jenis kaca film mobil telah muncul di pasaran, menawarkan beragam fitur seperti penolakan panas hingga tingkat privasi yang dapat disesuaikan. Keberadaan kaca film bukan hanya memberikan estetika yang menarik pada kendaraan, tetapi juga memenuhi kebutuhan praktis pengemudi dan penumpang. Oleh sebab itu, pada artikel ini admin Bengkelly akan membahas mengenai jenis kaca film mobil.

Pemilihan kaca film mobil yang tepat merupakan keputusan yang cerdas dan perlu diperhatikan secara hati-hati. Setiap jenis kaca film memiliki karakteristik unik yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan pengguna. Mulai dari kaca film yang menekankan penolakan panas untuk iklim panas hingga kaca film dengan tingkat kecerahan yang dapat disesuaikan untuk mencapai tingkat privasi yang diinginkan.

Namun, seiring dengan keberagaman jenis kaca film, pemahaman mengenai fitur dan faktor yang mempengaruhi pemilihan menjadi kunci. Dalam konteks ini, perlu untuk mengeksplorasi informasi mengenai Visible Light Transmittance (VLT), Total Solar Energy Rejection (TSER), serta berbagai teknologi material kaca film. Dengan memahami berbagai jenis dan karakteristiknya, konsumen dapat membuat keputusan yang terinformasi dan memilih kaca film yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka.

Jenis Kaca Film Mobil

Dalam merancang dan meningkatkan kenyamanan serta keamanan berkendara, pemilihan jenis kaca film mobil menjadi langkah awal yang penting. Jenis kaca film yang dipilih akan mempengaruhi sejumlah faktor, termasuk tingkat kecerahan, penolakan panas, dan privasi di dalam kendaraan. Dengan berbagai pilihan yang tersedia, mulai dari kaca film metalik hingga kaca film nano-ceramic, Anda memiliki kesempatan untuk menyesuaikan kaca film sesuai dengan preferensi.

Kaca Film Visible Light Transmittance (VLT)

VLT
Jenis Kaca Film Mobil

Kaca film jenis ini dapat meneruskan cahaya ke dalam kabin mobil, sehingga Anda dapat melihat keadaan di luar dengan jelas sementara orang lain tidak dapat melihat ke dalam. Jenis kaca film ini biasanya tersedia dalam berbagai tingkat kegelapan. Semakin kecil nilai presentasenya, maka tingkat kegelapannya semakin besar.

Apabila Anda membeli kaca film VLT 5%, maka tingkat kegelapannya bisa mencapai 80%. Sebaliknya, jika Anda membeli kaca VLT 70%, maka tingkatr kegelapannya hanya 15%. Berikut beberapa contoh tingkatan VLT dan karakteristiknya:

  1. VLT Tinggi (70-90%): Kaca film dengan VLT tinggi membiarkan sebagian besar cahaya tampak melewati. Ini umumnya cocok untuk pengemudi yang menginginkan visibilitas tinggi dan tidak terlalu banyak penolakan sinar matahari.
  2. VLT Sedang (30-70%): Kaca film dengan VLT sedang menawarkan keseimbangan antara privasi dan visibilitas. Mereka dapat memberikan perlindungan terhadap sinar matahari tanpa sepenuhnya menghalangi pandangan.
  3. VLT Rendah (di bawah 30%): Kaca film dengan VLT rendah cenderung memberikan tingkat privasi yang lebih tinggi dan penolakan panas yang lebih kuat. Namun, dapat mempengaruhi visibilitas, terutama pada malam hari.

Kaca Film Ultraviolet Rejection (UVR)

Berbeda dengan jenis kaca mobil VLT, kaca film UVR ini memiliki kemampuan untuk membatasi sinar ultraviolet yang masuk ke dalam mobil. Jika Anda merasa terganggu dengan panas matahari saat berkendara, kaca ini dapat menjadi pilihan yang bagus. Karena paparan sinarnya yang lebih sedikit, bagian dalam mobil Anda tidak akan memudar.

Baca Juga:  Internal Combustion Engine: Jantung dari Revolusi Industri Modern

Beberapa kaca film memiliki kemampuan untuk menolak hingga 99% atau lebih dari sinar UV, memberikan perlindungan yang kuat. Seringkali, produsen kaca film akan menyertakan informasi mengenai tingkat penolakan UV pada spesifikasi produk mereka. Penting untuk memeriksa dan memahami informasi ini saat memilih kaca film.

Kaca Film Infrared Reflection (IRR)

Jenis Kaca Film Mobil
Jenis Kaca Film Mobil

Kaca film IRR berfungsi menghadang sinar inframerah dari cahaya matahari agar tidak masuk ke kabin mobil. Konsepnya serupa dengan kaca film UVR. Semakin tinggi presentasenya maka semakin banyak menolak sinar inframerah yang akan masuk ke dalam mobil. Jika mengurangi paparan sinar inframerah akan membuat kondisi dalam mobil lebih sejuk.

Kaca film yang dirancang untuk menyerap sinar inframerah dapat membantu mengurangi panas yang masuk ke dalam kendaraan atau ruangan, sehingga menciptakan lingkungan yang lebih nyaman. Ini dapat membantu mengurangi kebutuhan pendinginan interior kendaraan atau bangunan, menghemat energi, dan meningkatkan efisiensi penggunaan sistem pendingin udara.

Kaca Film TSER

Kaca film TSER (Solar Energy Rejected) merupakan kaca film yang mampu menolak energi matahari. Semakin tinggi persentasenya maka semakin besar penolakan terhadap energi matahari. Selain itu, dalam memilih kaca film tidak hanya memilih jenisnya saja yang sesuai, Anda harus memilih kaca film yang tepat.

  1. TSER Tinggi (misalnya, di atas 70%): Kaca film ini sangat efektif dalam menolak panas dan dapat memberikan kenyamanan termal yang baik.
  2. TSER Sedang (antara 50% – 70%): Kaca film ini menawarkan keseimbangan antara penolakan panas, privasi, dan visibilitas.
  3. TSER Rendah (di bawah 50%): Kaca film ini mungkin lebih fokus pada privasi daripada penolakan panas.

Cara Memilih Kaca Film Mobil yang Tepat

Memilih kaca film mobil yang tepat merupakan keputusan penting dalam meningkatkan kenyamanan dan keamanan berkendara. Seiring dengan beragamnya pilihan yang tersedia, memahami kriteria-kriteria penting menjadi langkah awal yang perlu diperhatikan.

Dari tingkat kecerahan hingga kemampuan penolakan panas, dan dari merek terkemuka hingga fitur khusus, banyak faktor yang harus dipertimbangkan. Dengan ini, menjalani proses pemilihan kaca film dengan bijak dapat membantu mencapai hasil yang optimal sesuai dengan kebutuhan.

Material Kaca Film

Jenis Kaca Film Mobil
Jenis Kaca Film Mobil

Material kaca film berkontribusi secara signifikan terhadap kinerja dan daya tahan kaca film. Beberapa jenis material kaca film yang umum digunakan melibatkan teknologi yang berbeda-beda, seperti kaca film metalik, kaca film karbon, dan kaca film nano-ceramic.

  1. Kaca Film Metalik: Memiliki kelebihan efektif dalam menolak panas matahari. Sedangkan untuk kekurangan kaca film metalik yaitu dapat mengganggu sinyal radio dan GPS pada beberapa kendaraan.
  2. Kaca Film Karbon: Memiliki kelebihan menawarkan tingkat privasi yang tinggi tanpa mengganggu sinyal elektronik. Sedangkan untuk kekurangan kaca film karbon kurang efektif dalam menolak panas.
  3. Kaca Film Nano-Ceramic: Memiliki kelebihan untuk menggabungkan teknologi modern untuk keseimbangan optimal antara penolakan panas, privasi, dan kenyamanan visual. Tidak mempengaruhi konektivitas elektronik. Sedangkan untuk kekurangan kaca film nano-ceramic yaitu harga mungkin lebih tinggi daripada jenis kaca film lainnya.
  4. Kaca Film Holografis atau Spektral: Memiliki kelebihan dalam menawarkan efek visual menarik dan dapat memantulkan cahaya. Sedangkan untuk kekurangan kaca film ini tidak selalu efektif dalam menolak panas.
  5. Kaca Film Anti-Gores (Security Film): Memiliki kelebihan untuk memperkuat kaca dan membantu mencegah pecahan kaca yang berbahaya. Sedangkan untuk kekurangan kaca film ini kurang efektif dalam menolak panas.
Baca Juga:  Freon AC Mobil: Jenis dan Fungsinya

Perhatikan Fitur Kaca Film

Dalam memilih kaca film mobil yang tepat, memperhatikan fitur-fitur kaca film menjadi langkah penting untuk mendapatkan manfaat maksimal. Total Solar Energy Rejection (TSER) memastikan efisiensi penolakan panas, sementara Visible Light Transmittance (VLT) memengaruhi tingkat privasi. Ultraviolet Rejection (UVR) penting untuk perlindungan terhadap sinar UV, dan Infrared Reflection (IRR) berkontribusi pada kenyamanan termal.

Kaca film Anti-Gores (Security Film) memberikan tingkat keamanan tambahan, sementara kaca film non-reflective atau low reflectivity mengurangi pantulan cahaya yang mengganggu. Memperhatikan fitur-fitur ini sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pribadi, serta memilih merek dan pelayanan pemasangan yang berkualitas, membantu memastikan pemilihan kaca film mobil yang sesuai dan optimal.

Sesuaikan Kecerahan

Sesuaikan Kecerahan
Jenis Kaca Film Mobil

Kecerahan kaca film dapat berpengaruh kepada kenyamanan dan keamanan berkendaran. Standar kecerahan kaca film tertulis dalam Surat Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM. 439/U/Phb-76 tentang Penggunaan Kaca Pada Kendaraan Bermotor.

Kaca depan dan belakang mobil tidak boleh lebih dari 40%, untuk kaca samping maksimal kecerahan 70%. Idealnya untuk standar mobil kaca depan menggunakan kecerahan 20%, kaca samping 40% dan belakang 40%.

Pemilihan Warna Kaca Film

Warna kaca film bukan hanya masalah estetika, tetapi juga memengaruhi kinerja dan kegunaan kaca film itu sendiri. Kaca film tersedia dalam berbagai warna, termasuk hitam, abu-abu, dan biru, yang dapat memberikan tampilan visual yang berbeda pada kendaraan. Selain itu, beberapa kaca film hadir dalam warna yang lebih netral atau clear (tanpa warna khusus), yang mempertahankan penampilan asli kaca.

Pilihan warna juga dapat mempengaruhi tingkat penolakan panas, di mana kaca film berwarna gelap cenderung lebih efektif dalam menolak panas matahari. Penting untuk mempertimbangkan preferensi estetika pribadi dan tujuan fungsional, seperti tingkat penolakan panas yang diinginkan, saat memilih warna kaca film yang sesuai.

Sesuaikan Budget

Dalam mencari kaca film mobil yang tepat, penting untuk memasukkan faktor anggaran ke dalam pertimbangan. Harga kaca film dapat bervariasi tergantung pada merek, jenis material, dan fitur-fitur khusus yang ditawarkan. Sebelum membuat keputusan, sebaiknya tetapkan batas anggaran yang sesuai dengan keuangan Anda.

Biaya pemasangan juga dapat mempengaruhi total pengeluaran. Beberapa produsen atau penjual kaca film mungkin menawarkan paket harga yang mencakup biaya pemasangan, sementara yang lain membebankan secara terpisah.

Pemasangan Dilakukan Profesional

Jenis Kaca Film Mobil
Jenis Kaca Film Mobil

Meskipun beberapa kaca film dapat dipasang sendiri, keahlian profesional dapat memastikan bahwa pemasangan dilakukan dengan benar dan sesuai dengan standar. Mekanik yang andal memiliki pengetahuan tentang teknik pemasangan yang tepat, meminimalkan risiko kesalahan seperti gelembung udara atau lipatan yang dapat mempengaruhi tampilan dan kinerja kaca film.

Selain itu, mereka dapat memberikan panduan tambahan mengenai jenis kaca film yang sesuai dengan kebutuhan dan aturan setempat. Meskipun biaya pemasangan oleh profesional mungkin lebih tinggi. Hal ini dapat dianggap sebagai investasi yang baik untuk memastikan kaca film berfungsi optimal, memberikan penolakan panas, privasi, dan perlindungan UV yang diinginkan, sambil menjaga estetika dan visibilitas. Anda dapat membawa mobil Anda ke bengkel mobil terdekat dan terpercaya.

Merek Kaca Film Mobil Terbaik

Beragam merek kaca film hadir di pasar dengan klaim keunggulan masing-masing. Untuk mengambil keputusan yang terinformasi, penting untuk mengetahui merek-merek yang telah terbukti memberikan produk berkualitas dan memenuhi berbagai kebutuhan pengguna. Dalam hal ini, melihat merek-merek kaca film mobil terbaik akan membantu membantu Anda menentukan pilihan yang sesuai dengan preferensi.

  1. V-Kool, merupakan salah satu merek terbaik di Indonesia. Varian yang ditawarkan sangat beragam dengan material berteknologi terbaik. Untuk harganya terbilang cukup mahal, harga termurah berkisar Rp3-4 juta.
  2. 3M, merek ini bisa dibilang paling banyak direplikasi, atau banyak produk tiruannya. Produk 3M mempunyai tolak panas yang baik. harga yang ditawarkan dari kaca film 3M yaitu mulai Rp1,5 juta.
  3. Lluminox, produk ini memiliki kualitas yang bagus dengan harga yang terjangkau. Lluminox memberikan garansi 8 tahun. Untuk kisaran harga merek ini mulai dari Rp1,5 juta.
  4. Perfections, harga kaca film ini tergolong terjangkau, yaitu mulai Rp700 ribu saja. Dengan harga yang terjangkau ini, kaca film sudah memiliki struktur yang kuat sehingga dapat menahan pecahan kaca ketika terjadi kecelakaan.
  5. Llumar, dari segi harga merek kaca film ini menawarkan rentang harga bervariasi. Harga termurah yang ditawarkan berkisar di Rp2 jutaan, dan harga termahalnya berkisar Rp7 juta untuk mobil besar.
Baca Juga:  Piston Kaliper Macet: Ungkap Penyebab, Dampak hingga Solusi!

Cara Merawat Kaca Film Mobil

Microfiber
Jenis Kaca Film Mobil

Merawat kaca film mobil merupakan langkah penting dalam mempertahankan fungsi, penampilan, dan daya tahannya. Kaca film tidak hanya memberikan penolakan panas dan perlindungan UV, tetapi juga berperan dalam estetika dan privasi kendaraan. Agar kaca film tetap berkinerja optimal dan terhindar dari kerusakan, perlu adopsi kebiasaan perawatan yang tepat.

Dari teknik pembersihan yang benar hingga pemilihan produk perawatan yang sesuai, merawat kaca film dapat meningkatkan umur pakai dan memastikan bahwa kendaraan tetap nyaman dan aman. Dengan memahami langkah-langkah perawatan yang benar, Anda dapat memaksimalkan manfaat kaca film mobil dan menjaga keberlanjutan kinerjanya seiring waktu.

  1. Menjaga Kebersihan Kaca Film: Selalu menjaga kebersihan kaca film dari kotoran, debu dan benda-benda asing yang menempel pada kaca film agar lebih awet.
  2. Hindari Penggunaan Bahan Berbahaya: Hindari penggunaan kaca film menggunakan bahan berbahaya yang mengandung amonia atau alkohol. Cukup gunakan air atau cairan khusus kaca mobil.
  3. Gunakan Kain Lembut saat Membersihkan: Anda dapat menggunakan kain yang lembut seperti microfiber. Hindari pemakaian kain berbahan kasar saat membersihkan kaca film karena akan membuat kaca baret.
  4. Hindari Menempelkan Benda Asing: Menempelkan benda asing pada kaca film seperti sticker dapat melepas kaca film apabila sticker dilepas.
  5. Hindari Menjemur Mobil: Paparan sinar matahari dapat membuat kualitas kaca film berkurang. Jangan terlalu sering memarkirkan mobil di bawah terik matahari.

Kesimpulan

Dalam rangkaian keberagaman teknologi otomotif modern, kaca film mobil menunjukkan peran penting dalam menyediakan solusi yang mendukung kenyamanan dan privasi. Dengan pemilihan jenis kaca film yang tepat, Anda dapat menyesuaikan mobil Anda sesuai dengan preferensi pribadi dan kebutuhan praktis.

Perawatan yang tepat terhadap kaca film mobil juga terbukti penting untuk menjaga kinerjanya selama bertahun-tahun. Dengan rutin membersihkan dan merawat kaca film, Anda dapat memaksimalkan manfaat yang diberikan, sambil mempertahankan penampilan dan daya tahan material. Kesadaran akan jenis kaca film yang digunakan, pemilihan merek yang terpercaya, dan pemahaman tentang fitur-fitur kaca film akan membantu Anda membuat keputusan dalam merancang.

Apabila Anda merupakan perusahaan logistik yang ingin bekerjasama dengan Bengkelly, Anda dapat hubungi Bengkelly. Dengan layanan Bengkelly armada kendaraan Anda akan selalu bekerja secara optimal, dan pihak Bengkelly akan memberikan histori perbaikannya kepada Anda. Anda dapat menghubungi kami melalui email [email protected], nomor telepon 021 5080 8195/ 0856-0490-2127, atau Anda juga dapat mengisi form dibawah ini:

Form Registrasi

Comments are closed.