Komponen Kaki-Kaki Mobil: Jelajahi Asal Keseimbangan Mobil

Komponen Kaki-Kaki Mobil: Jelajahi Asal Keseimbangan Mobil

Kaki-kaki mobil merupakan bagian yang sangat penting dalam sebuah mobil, menjadi penghubung langsung antara mobil dan permukaan jalan. Secara umum, komponen kaki-kaki mobil mencakup suspensi, sistem roda, rem, dan ban. Kinerja optimal dari kaki-kaki ini menjadi penting dalam memastikan mobil dapat menangani berbagai jenis jalan, meredam getaran, serta memberikan respons yang cepat dan stabil selama berkendara. Oleh sebab itu, pada artikel ini admin Bengkelly akan membahas mengenai komponen kaki-kaki mobil.

Seiring dengan kemajuan teknologi otomotif, kaki-kaki mobil mengalami evolusi yang signifikan. Sistem suspensi semakin canggih dengan kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan kondisi jalan secara real-time, memberikan pengalaman berkendara yang lebih nyaman dan aman. Dengan ini, pemahaman akan perkembangan teknologi kaki-kaki menjadi penting bagi pengemudi modern yang menginginkan kinerja tinggi dan efisiensi.

Meskipun kaki-kaki mobil dirancang untuk tahan lama, tantangan pemeliharaan tetap ada. Keausan, bunyi tidak diinginkan, dan masalah lainnya dapat muncul seiring waktu. Pemeliharaan yang tepat, termasuk servis berkala, pelumasan, dan penggantian komponen yang aus, menjadi kunci untuk memperpanjang umur pakai kaki-kaki mobil. Perkembangan dalam teknologi pemantauan kendaraan juga memungkinkan pemilik untuk mendeteksi masalah potensial sebelum menjadi serius.

Fungsi Kaki-Kaki Mobil

Komponen Kaki-Kaki Mobil
Komponen Kaki-Kaki Mobil

Komponen kaki-kaki mobil terdiri dari beberapa bagian, seperti suspensi, sistem rem, roda, dan ban. Fungsi utama komponen kaki-kaki adalah menopang berat kendaraan, yang mencakup bobot mobil, muatan, dan penumpang. Hal ini tentunya terjadi berkat suspensi yang berperan menahan beban agar tak langsung menimpa roda dan mengurangi getaran ketika berkendara.

Tidak kalah penting, kaki-kaki mobil juga bertugas memastikan stabilitas mobil saat melaju di jalan raya dan mengurangi getaran berlebih ketika melalui jalan yang tidak rata. Dengan demikian, Anda dapat berkendara dengan aman. Kaki mobil juga bertanggung jawab untuk mengatur pergerakannya, jadi perlu ada sistem rem yang baik untuk memperlambat laju mobil dan menghentikannya saat diperlukan.

Komponen Kaki-Kaki Mobil

Komponen kaki-kaki memiliki peran penting dalam menentukan kenyamanan, stabilitas, dan keamanan selama berkendara. Terdiri dari beberapa elemen utama, seperti suspensi, sistem roda,dan ban. Kaki-kaki mobil memainkan peran penting dalam meredam getaran dari permukaan jalan yang beragam.

Selain itu, desain dan kualitas kaki-kaki juga berpengaruh pada efisiensi bahan bakar dan performa keseluruhan mobil. Oleh karena itu, pemahaman mendalam tentang komponen kaki-kaki menjadi kunci dalam memastikan pengalaman berkendara yang aman, nyaman, dan optimal.

Baca Juga:  Carbon Kap Mobil: Pahami Keuntungan dan Kekurangannya!

Suspensi atau Shockbreaker

Komponen kaki-kaki mobil yang pertama yaitu suspensi (shockbreaker). Suspensi biasanya terbuat dari baja anti karat. Fungsi suspensi adalah untuk mengurangi guncangan mobil saat melewati jalan yang tidak rata, lubang, dan tanjakan. Karena komponen ini akan terlihat langsung di belakang roda, jadi sangat mudah untuk menemukannya.

Salah satu cara untuk mengecek kondisi adalah dengan memastikan apakah ada kebocoran pelumas atau tidak. Caranya dengan mencoba mengangkat boot rubber atau karet penutup yang berada di balik per shockbreaker. Jika ada kebocoran atau rembesan oli, itu berarti ada perbaikan yang perlu dilakukan.

Performa suspensi dapat dites dengan cara mengayunkan roda. Jika kondisinya baik, maka komponen ini minim ayunan, misalnya hanya sekali gerakan naik-turun. Tetapi jika yang terjadi sebaliknya, maka kondisinya sudah lemah.

Baca Juga:

Jenis Suspensi Mobil, Yuk Ketahui Lebih Dalam!

Support Shockbreaker

Komponen ini berfungsi sebagai bantalan untuk shockbreaker yang terletak di bodi kendaraan. Bentuknya mirip dengan karet bundar, dan di dalamnya ada bearing yang dikenal sebagai laher. Karena itu, komponen ini juga harus diperiksa di area kap mesin.

Saat diperiksa, jika karet support shockbreakernya sudah getas atau retak-retak, berarti segeralah diganti. Cara lain mengeceknya adalah dengan memutar setir ke kanan-kiri. Komponen yang sudah rusak akan mengeluarkan bunyi karena kondisi laher di dalamnya aus.

Roda dan Ban

Ban
Komponen Kaki-Kaki Mobil

Komponen ini bersentuhan langsung dengan jalan saat mobil melaju. Fungsi roda adalah menopang berat kendaraan, menjaga mobil tidak bersentuhan dengan jalan, dan menyeimbang mobil. Ini membuat berkendara di jalanan yang tidak rata lebih nyaman.

Ban berfungsi untuk memberikan gesekan dengan jalan dan membantu mobil bergerak serta menjaga keseimbangan saat melaju. Terdapat 2 jenis ban, yaitu ban luar dan ban dalam. Saat ini mobil banyak menggunakan ban tubeless yaitu ban yang tidak memiliki ban dalam.

Bushing Arm

Komponen berukuran kecil ini berfungsi sebagai peredam getaran karena jika dibiarkan, getaran yang dihasilkan oleh mobil saat rodanya bergesekan dengan jalan akan mengganggu komponen yang saling berhubungan dengan metal lainnya. Bentuknya karet dan terletak di dua tempat.

Bushing stabilizer adalah penyeimbang suspensi kiri dan kanan dan berfungsi sebagai pengikat ke chasis mobil. Selain itu, ada bushing swing arm yang berfungsi untuk meredam getaran yang dihasilkan mobil saat bergerak. Suhu panas mobil dapat menyebabkan bushing rusak atau getas. Bushing juga dapat cepat rusak karena beban kerja dan guncangan.

Bearing

Bearing
Komponen Kaki-Kaki Mobil

Bearing merupakan komponen penting lainnya pada kaki-kaki mobil. Bagian bearing berfungsi sebagai bantalan pada roda dan sangat memengaruhi roda serta kestabilan mobil. Bearing yang rusak akan membuat roda cepat panas, bergetar, bahkan komponen putar di dalamnya dapat patah.

Kerusakan ini dapat disebabkan oleh pemakaian, usia pakai, dan kualitas barang. Gaya berkendara yang ugal-ugalan akan membuat bearing cepat rusak. Kerusakan akan terasa apabila terdengar bunyi gemuruh yang berasal dari bearing bagian depan ketika mobil melaju di kecepatan 40-50 km/jam. Semakin tinggi kecepatan mobil, bunyinya terdengar lebih berisik.

Baca Juga:  Sarung Jok Mobil: Perlindungan Interior Kendaraan Anda

Komponen Kaki-kaki Mobil: Ball Joint

Posisi ball joint dapat ditemui di bawah tie rod, namun keduanya tidak berhubungan secara langsung. Ball joint merupakan komponen yang menghubungkan roda ke sasis kendaraan atau lebih tepatnya lower arm. Komponen ini memiliki bentuk bola tetapi tidak akan terlihat dari luar karena tertutup karet pelindungnya.

Komponen Kaki-kaki Mobil: Tie Rod

Tie rod menghubungkan perangkat kemudi Anda ke buku-buku jari kemudi. Komponen ini merupakan bagian integrak dari sistem kemudi sebuah mobil yang jika aus dapat menyebabkan keausan ban dan masalah handling. Memiliki bentuj bundar dan besarnya seperti kelereng.

Apabila daya ikat tie rod longgar, maka akan terdengar bunyi pada roda karena roda tidak stabil. Penyebab tie rod longgar adalah benturan keras atau usia pakai komponen yang sudah lama. Gejala kerusakan pada tie rod dapat terasa ketika melaju di jalanan berlubang.

Stabilizer
Komponen Kaki-Kaki Mobil

Stabilizer merupakan besi yang menempel pada bagian bawah link stabilizer dengan posisi horizontal. Sedangkan komponen link stabilizer dapat dilihat wujudnya berupa besi yang berdiri secara vertikal yang bagian atasnya menempel dengan shockbreaker. Stabilizer dapat dicek dengan memberinya pukulan halus menggunakan tangan.

Apabila terasa ada oblak, maka Anda perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Kondisi ini biasanya terjadi karena karet bushing sudah mengalami cacat. Kerusakan karet bushing adalah salah satu sumber bunyi berisik pada kaki-kaki mobil. Sementara pengecekan terhadap link stabilizer dapat dilakukan dengan menggoyangkannya langsung dengan tangan.

Penyebab Kaki-Kaki Mobil Bunyi Gluduk

Bunyi gluduk pada kaki-kaki mobil seringkali menjadi tantangan yang mengganggu pengalaman berkendara. Berbagai penyebab dapat menjadi pemicu munculnya suara tidak diinginkan ini. Salah satu faktor utama adalah ausnya komponen-komponen kaki-kaki, seperti bantalan suspensi, bushing, atau per yang mengalami keausan seiring waktu.

Pemahaman mendalam terhadap faktor-faktor ini menjadi kunci untuk mengidentifikasi dan mengatasi masalah bunyi gluduk pada kaki-kaki mobil, sehingga dapat memastikan keamanan, kenyamanan, dan kinerja optimal selama perjalanan.

Keausan pada Long Tie Rod

Komponen Kaki-Kaki Mobil
Komponen Kaki-Kaki Mobil

Komponen long tie rod yang terdiri dari tie rod, ball joint, dan rack end berfungsi untuk menyinkronkan pergerakan chasis dan setir mobil. Jika long tie rod dan bagian-bagiannya rusak, akan terjadi kelonggaran dan bunyi gluduk. Dengan demikian, mengemudi mobil terasa sangat berat.

Melintasi jalan rusak dapat menyebabkan kelonggaran dan bunyi gluduk. Selain itu, melintasi jalan yang rusak dengan kecepatan tinggi membuat long tie rod mengalami banyak beban, yang dapat menyebabkan komponen bertabrakan dan aus.

Baca Juga:  Usaha Bengkel Mobil Ramai dengan 6 Cara Ini, Pemula Wajib Tahu

Karet Bushing Arm Menipis

Bushing swing arm adalah bagian yang memiliki kemampuan untuk menahan getaran dari ban dan mesin mobil. Bushing swing arm memiliki bentuk yang mirip dengan tabung besi. Sebuah mobil biasanya memiliki total delapan bushing arm: empat di depan dan empat di belakang.

Komponen ini juga menghasilkan bunyi gluduk-gluduk jika karet bushing arm menjadi tipis. Dalam kasus yang parah, bushing arm akan rusak sepenuhnya dan lapisan karetnya akan hilang. Mengganti bushing arm karet dengan yang baru adalah satu-satunya cara untuk menyelesaikan masalah ini.

Bushing Stabilizer Longgar

Bushing stabilizer berfungsi untuk mencegah getaran diteruskan ke chasis mobil, tetapi jika bushing stabilizer longgar, tipis, atau rusak, itu bisa menjadi penyebab bunyi gluduk pada roda depan mobil.

Hal ini karena bushing stabilizer mencegah getaran link stabilizer dengan karet isolator. Ketika karet isolator aus, bushing stabilizer otomatis longgar. Kelonggaran pada bushing stabilizer tidak hanya disebabkan oleh karetnya tetapi juga karena sekrup pemasangannya tidak cukup kencang.

Shockbreaker Mati

Komponen Kaki-Kaki Mobil
Komponen Kaki-Kaki Mobil

Selain bushing stabilizer, komponen shockbreaker juga dapat menghasilkan suara getaran dari chasis mobil. Oleh karena itu, jika Anda mendengar suara “gluduk-gluduk” saat melewati permukaan yang rusak atau tidak rata, itu mungkin berarti bahwa komponen shockbreaker telah rusak.

Untuk mengetahui apakah shockbreaker adalah penyebabnya, lakukan quick check dengan merasakan getaran shockbreakernya. Saat berkendara di jalan bergelombang, cobalah rasakan getaran jika shockbreaker mengalami kerusakan.

Kerusakan Karet Support Shockbreaker

Jika komponen shockbreaker rusak, karet support yang terletak di atasnya dan terhubung langsung ke bodi mobil akan menghasilkan suara yang mengganggu. Karet support bertugas untuk mencegah getaran dari ban mobil menempel pada bodi mobil.

Anda akan mendengar bunyi gluduk-gluduk saat karet ini rusak atau aus. Saat mobil melintasi jalanan yang tidak rata, suara ini akan terdengar dari arah roda bagian atas mobil. Solusinya dengan mengganti karet support atau menyetel ulang baut pengikat di antara karet support dan shockbreaker.

Kesimpulan

Kaki-kaki mobil, sebagai komponen krusial dalam struktur kendaraan, memiliki peran penting dalam menentukan kenyamanan, keamanan, dan performa selama berkendara. Sangatlah penting bagi Anda untuk memahami betapa rumitnya dinamika kaki-kaki dan dampaknya terhadap pengalaman berkendara.

Dengan merawat kaki-kaki secara berkala, melibatkan service kaki kaki mobil, dan memperhatikan tanda-tanda keausan atau masalah lainnya, Anda dapat memastikan bahwa kaki-kaki mobil tetap dalam kondisi optimal. Seiring dengan perkembangan teknologi otomotif, tantangan dan inovasi kaki-kaki mobil terus berkembang.

Masa depan mobil mungkin melibatkan solusi suspensi yang semakin cerdas, material kaki-kaki yang lebih ringan dan kuat, serta integrasi sistem pintar yang dapat mendeteksi dan menanggapi kondisi jalan secara real-time. Dengan mengadopsi inovasi ini, kita dapat melangkah ke masa depan dengan kaki-kaki mobil yang tidak hanya mendukung pergerakan, tetapi juga memberikan pengalaman berkendara yang lebih baik secara keseluruhan.

Apabila Anda merupakan perusahaan logistik yang ingin bekerjasama dengan Bengkelly, Anda dapat hubungi Bengkelly. Dengan layanan Bengkelly armada kendaraan Anda akan selalu bekerja secara optimal, dan pihak Bengkelly akan memberikan histori perbaikannya kepada Anda. Anda dapat menghubungi kami melalui email [email protected], nomor telepon 021 5080 8195/ 0856-0490-2127, atau Anda juga dapat mengisi form dibawah ini: