Servis Berkala Mobil Perlu Gak, Sih? Ini Jenis, Manfaat dan Waktu

Servis Berkala Mobil Perlu Gak, Sih? Ini Jenis, Manfaat dan Waktu

Seberapa penting servis berkala mobil menurut Anda? Ketika Anda memutuskan untuk membeli kendaraan, maka Anda juga harus bertanggung jawab untuk menjaga dan merawat kendaraan tersebut supaya tetap prima.

Servis berkala mobil ini wajib dilakukan untuk menjaga performa kendaraan Anda. Pentingnya perawatan ini tidak hanya mencakup kepuasan visual saja, tetapi juga demi keamanan, kenyamanan, dan keselamatan Anda selaku pengemudi dan penumpang.

Kali ini, Admin Bengkelly akan memberikan informasi seputar servis berkala mobil. Untuk itu, simak macam-macam servis berkala mobil berikut manfaatnya yang masih sering kali diabaikan. Simak juga kapan sebaiknya Anda melakukan servis pada mobil kesayangan Anda.

Apa Itu Servis Berkala Mobil?

Servis Berkala Mobil
Servis Berkala Mobil

Servis berkala mobil adalah serangkaian perawatan dan pemeriksaan rutin yang dilakukan secara berkala untuk menjaga kesehatan, kinerja, dan keamanan kendaraan. Tujuan utama dari servis berkala adalah untuk memeriksa kondisi kendaraan secara menyeluruh, mencegah kerusakan yang tidak terduga, serta memperpanjang umur pakai kendaraan.

Servis berkala biasanya mencakup berbagai tindakan perawatan yang meliputi penggantian cairan, penggantian filter, pemeriksaan sistem kelistrikan, pemeriksaan sistem rem, dan pemeriksaan komponen mesin dan lainnya. Setiap jenis servis berkala dapat disesuaikan dengan kebutuhan spesifik kendaraan, rekomendasi pabrikan, dan kondisi penggunaan.

Baca Juga- Rekomendasi Bengkel Mobil Terdekat, Lengkap dan Terpercaya!

Jenis-Jenis Servis Berkala Mobil

Jenis Servis Berkala
Jenis Servis Berkala

Servis berkala mobil melibatkan berbagai macam jenis pemeriksaan, perawatan, dan penggantian komponen yang dilakukan secara teratur dengan tujuan untuk menjaga kesehataan dan kinerja kendaraan supaya tetap prima.

Berikut adalah jenis-jenis servis berkala mobil yang biasa dilakukan di bengkel:

Baca Juga- Apa Saja Service Berkala 10.000 KM Yang Dilakukan Bengkel

1. Servis Rutin atau Scheduled Maintenance (5.000-10.000 KM)

Servis rutin atau scheduled maintenance merupakan jenis servis berkala mobil yang dilakukan sesuai dengan jadwal yang ditetapkan oleh pabrikan kendaraan. Ini adalah jenis servis berkala yang paling umum dilakukan dan sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kinerja kendaraan.

Secara umum, jarak tempuh yang umumnya direkomendasikan untuk servis rutin berkisar antara 5.000 hingga 10.000 kilometer, tergantung pada spesifikasi kendaraan dan rekomendasi pabrikan. Servis rutin biasanya dilakukan berdasarkan faktor-faktor seperti jarak tempuh, usia kendaraan, atau waktu tertentu sejak servis terakhir dilakukan.

Komponen yang biasa dilakukan pada servis rutin:

  • Penggantian Oli Mesin
  • Pemeriksaan dan Penggantian Filter
  • Pemeriksaan Sistem Rem
  • Pemeriksaan Sistem Kelistrikan
  • Pemeriksaan Ban dan Sistem Suspensi
  • Pemeriksaan Umum dan Perbaikan
Baca Juga:  Penyebab Mobil Mogok yang Perlu Anda Ketahui!

Dengan melakukan servis rutin secara teratur sesuai dengan jadwal yang direkomendasikan, Anda dapat memastikan bahwa kendaraan Anda tetap dalam kondisi terbaik dan aman untuk digunakan di jalan raya.

2. Servis Interval Kecil atau Minor Service (5.000-10.000 KM)

Minor service adalah jenis servis berkala mobil pada kendaraan yang melibatkan pemeriksaan dan perawatan yang lebih ringan daripada servis interval besar. Servis ini dilakukan setiap beberapa ribu kilometer atau setiap beberapa bulan tergantung pada penggunaan kendaraan dan rekomendasi pabrikan.

Beberapa pabrikan kendaraan mungkin juga memiliki interval servis yang berbeda-beda, dengan beberapa merekomendasikan servis interval kecil setiap 5.000 kilometer, sementara yang lain mungkin memiliki interval yang lebih panjang, misalnya setiap 7.500 atau 10.000 kilometer.

Komponen yang biasa dilakukan pada servis internal kecil:

  • Pemeriksaan Umum
  • Penggantian Oli Mesin
  • Pemeriksaan dan Penggantian Filter
  • Pemeriksaan Sistem Rem
  • Pemeriksaan Sistem Kelistrikan
  • Pemeriksaan Ban dan Sistem Suspensi
  • Pemeriksaan Umum dan Perbaikan

Servis interval kecil biasanya lebih murah dan memakan waktu lebih sedikit dibandingkan dengan servis interval besar karena cakupan perawatan yang lebih ringan. Meskipun demikian, servis ini tetap penting untuk menjaga kesehatan dan kinerja kendaraan Anda.

3. Servis Interval Besar atau Major Service (30.000-60.000 KM)

Major service, adalah jenis servis berkala mobil pada kendaraan yang melibatkan pemeriksaan dan perawatan yang lebih menyeluruh dan intensif daripada servis interval kecil. Servis ini biasanya dilakukan setelah kendaraan mencapai jarak tempuh tertentu atau setelah kendaraan mencapai usia tertentu, tergantung pada rekomendasi pabrikan.

Secara umum, servis interval besar atau major service biasanya dilakukan setiap 30.000 hingga 60.000 kilometer. Beberapa pabrikan kendaraan mungkin merekomendasikan servis interval besar setiap 30.000 kilometer, sementara yang lain mungkin memiliki interval yang lebih panjang, misalnya setiap 40.000, 50.000, atau 60.000 kilometer.

Namun, ini dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti kondisi penggunaan kendaraan, jenis perjalanan yang sering dilakukan (misalnya, perjalanan di dalam kota atau perjalanan jarak jauh), dan jenis mesin yang digunakan.

Komponen yang biasa dilakukan pada servis internal besar:

  • Pemeriksaan Mesin
  • Penggantian Oli Mesin dan Filter
  • Pemeriksaan Sistem Transmisi
  • Pemeriksaan Sistem Rem
  • Pemeriksaan Sistem Kelistrikan
  • Pemeriksaan Ban dan Sistem Suspensi
  • Pemeriksaan Umum dan Perbaikan

Servis interval besar biasanya lebih mahal dan memakan waktu lebih lama dibandingkan dengan servis interval kecil karena cakupan perawatan yang lebih intensif. Namun, servis ini sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kinerja kendaraan Anda.

4. Servis Khusus atau Spesifik (40.000-80.000 KM)

Jenis servis ini merujuk pada jenis servis berkala mobil yang melibatkan perawatan atau perbaikan tertentu yang mungkin tidak termasuk dalam servis rutin atau servis interval kecil. Servis khusus biasanya dilakukan untuk menangani masalah atau kebutuhan khusus yang mungkin timbul pada kendaraan.

Beberapa pabrikan kendaraan merekomendasikan servis spesifik pada jarak tempuh tertentu, seperti servis 40.000 kilometer atau servis 80.000 kilometer, yang mencakup pemeriksaan dan perawatan yang lebih mendalam atau penggantian komponen tertentu.

Baca Juga:  Mobil Tidak Bisa Distarter? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Komponen yang biasa dilakukan pada servis khusus atau spesifik:

  • Penggantian Komponen Tertentu, seperti sistem knalpot atau penggantian komponen suspensi
  • Perbaikan Kerusakan Tertentu, seperti perbaikan rem atau sistem transmisi
  • Perawatan Tambahan, seperti perbaikan AC mobil atau servis sitem pendingin mesin

Servis khusus atau spesifik biasanya dilakukan berdasarkan kebutuhan kendaraan dan rekomendasi dari mekanik atau bengkel yang melakukan pemeriksaan kendaraan. Ini bertujuan untuk menjaga kesehatan dan kinerja kendaraan Anda.

5. Servis Pasca kecelakaan atau Post-Accident Service

Post-accident service adalah jenis servis berkala mobil yang dilakukan setelah kendaraan mengalami kecelakaan atau insiden lalu lintas. Servis ini bertujuan untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi pada kendaraan sebagai akibat dari kecelakaan tersebut dan mengembalikan kendaraan ke kondisi yang aman dan berfungsi dengan baik.

Komponen yang biasa dilakukan pada servis Pascakecelakaan atau Post-Accident Service:

  • Pemeriksaan Kerusakan
  • Perencanaan Perbaikan
  • Perbaikan Struktural
  • Penggantian Bagian yang Rusak
  • Pengecatan dan Finishing
  • Pemeriksaan Keselamatan

Servis pasca kecelakaan biasanya dilakukan setelah insiden tertentu terjadi, dan ini bisa terjadi pada kendaraan dengan berbagai jarak tempuh, tergantung pada faktor-faktor seperti intensitas penggunaan, kebiasaan mengemudi, dan kondisi lalu lintas.

6. Servis Pra perjalanan atau Pre-Trip Service

Servis pra perjalanan, atau pre-trip service, adalah jenis servis berkala mobil pada kendaraan yang dilakukan sebelum melakukan perjalanan jauh atau perjalanan penting lainnya. Tujuan utama dari servis pra perjalanan adalah untuk memastikan bahwa kendaraan dalam kondisi yang optimal dan siap digunakan untuk perjalanan yang panjang atau menuntut.

Komponen yang biasa dilakukan pada servis perjalanan atau Pre-Trip Service

  • Pemeriksaan Umum
  • Penggantian Oli Mesin
  • Pemeriksaan Ban dan Tekanan Udara
  • Pemeriksaan Rem
  • Pemeriksaan Sistem Pendinginan
  • Pemeriksaan Sistem Kelistrikan

Servis pra perjalanan penting untuk mengidentifikasi dan memperbaiki masalah potensial pada kendaraan sebelum melakukan perjalanan jauh, sehingga mengurangi risiko terjebak di jalan atau mengalami masalah kendaraan di tengah perjalanan.

Manfaat Servis Berkala Mobil

Manfaat Servis Berkala
Manfaat Servis Berkala

Servis berkala mobil memiliki berbagai manfaat yang penting untuk menjaga kesehatan, keamanan, dan kinerja kendaraan Anda. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari servis berkala mobil.

Baca Juga:

Cara Memperbaiki Mobil Penyok Ringan, Dijamin Ampuh!
  1. Meningkatkan Kinerja Kendaraan: Melalui servis berkala, komponen-komponen vital kendaraan Anda seperti mesin, transmisi, suspensi, dan sistem kelistrikan dapat diperiksa, dipelihara, dan diperbaiki jika diperlukan.
  2. Meningkatkan Keamanan: Pemeriksaan dan perawatan yang rutin pada sistem rem, sistem kemudi, sistem suspensi, dan sistem kelistrikan membantu memastikan bahwa kendaraan Anda aman untuk digunakan di jalan raya.
  3. Mencegah Kerusakan Lebih Lanjut: Dengan mendeteksi dan memperbaiki masalah kecil pada tahap awal, servis berkala dapat membantu mencegah kerusakan yang lebih besar dan biaya perbaikan yang lebih tinggi.
  4. Meningkatkan Efisiensi Bahan Bakar: Servis berkala yang meliputi penggantian oli mesin, filter udara, dan filter bahan bakar dapat membantu mempertahankan efisiensi mesin dan meningkatkan konsumsi bahan bakar kendaraan Anda.
  5. Mempertahankan Nilai Jual: Kendaraan yang memiliki catatan servis berkala yang baik cenderung memiliki nilai jual yang lebih tinggi daripada kendaraan yang tidak terawat dengan baik.
  6. Memperpanjang Umur Pakai Kendaraan: Dengan menjaga kendaraan Anda dalam kondisi terbaik melalui servis berkala, Anda dapat memperpanjang umur pakai kendaraan Anda dan menikmati penggunaan yang lebih lama dari kendaraan tersebut.
Baca Juga:  Cover Plat Mobil: Jelajahi Fungsi, Jenis dan Pemilihan yang Tepat

Dengan melakukan servis berkala mobil secara teratur sesuai dengan jadwal yang direkomendasikan oleh pabrikan, Anda dapat menjaga kesehatan dan kinerja kendaraan Anda, serta memastikan bahwa kendaraan tetap aman dan dapat diandalkan selama bertahun-tahun yang akan datang.

Kapan Waktu Servis Berkala Mobil yang Tepat?

Waktu Servis
Waktu Servis

Waktu yang tepat untuk melakukan servis berkala pada mobil Anda dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor. Di antaranya adalah rekomendasi pabrikan kendaraan, usia kendaraan, kondisi penggunaan, dan lingkungan berkendara. Namun, secara umum, berikut adalah panduan umum tentang kapan waktu yang tepat untuk melakukan servis berkala mobil:

  1. Berdasarkan Jarak Tempuh
    • Banyak pabrikan kendaraan merekomendasikan servis berkala berdasarkan jarak tempuh tertentu. Biasanya, servis berkala dilakukan setiap 5.000 hingga 10.000 kilometer tergantung pada kendaraan dan kondisi penggunaan.
  2. Berdasarkan Waktu
    • Servis berdasarkan waktu sering disarankan jika kendaraan tidak sering digunakan. Misalnya, servis rutin dapat dilakukan setiap 6 bulan atau setahun sekali, terlepas dari jarak tempuh.
  3. Berdasarkan Indikator pada Mobil
    • Banyak kendaraan modern dilengkapi dengan sistem monitor kesehatan kendaraan yang memberikan peringatan ketika servis diperlukan. Ini bisa berupa lampu peringatan di dashboard atau pesan yang ditampilkan di layar informasi kendaraan.
  4. Berdasarkan Usia Kendaraan
    • Kendaraan yang lebih tua cenderung memerlukan servis lebih sering daripada kendaraan yang lebih baru. Oleh karena itu, servis berkala mungkin perlu dilakukan lebih sering untuk kendaraan yang sudah tua.
  5. Berdasarkan Kondisi Penggunaan
    • Jika kendaraan Anda sering digunakan dalam kondisi berkendara yang berat, seperti berkendara dalam lalu lintas kota yang padat atau berkendara dalam kondisi cuaca ekstrem, Anda mungkin perlu melakukan servis lebih sering.
  6. Berdasarkan Riwayat Perawatan
    • Jika kendaraan Anda memiliki riwayat perawatan yang baik dan tidak ada masalah yang ditemukan dalam pemeriksaan sebelumnya, Anda mungkin bisa menyesuaikan jadwal servis berkala sesuai dengan rekomendasi mekanik atau pabrikan.

Penting untuk selalu mengikuti jadwal servis berkala yang direkomendasikan oleh pabrikan kendaraan Anda dan untuk melakukan servis tepat waktu. Dengan melakukan servis berkala secara teratur, Anda dapat memastikan bahwa kendaraan Anda tetap dalam kondisi terbaik dan dapat beroperasi dengan aman dan efisien.

Kesimpulan

Servis berkala mobil sangatlah penting karena membantu menjaga kesehatan, keamanan, dan kinerja kendaraan Anda. Dengan melakukan servis berkala sesuai dengan jadwal yang direkomendasikan, Anda dapat mencegah kerusakan yang lebih serius, meningkatkan efisiensi bahan bakar, memperpanjang umur pakai kendaraan, dan mempertahankan nilai jual kendaraan Anda.

Servis berkala mobil juga membantu mengidentifikasi masalah potensial sebelum mereka berkembang menjadi masalah yang lebih serius, yang dapat membantu menghindari biaya perbaikan yang mahal dan mengurangi risiko kecelakaan di jalan. Dengan demikian, menjaga konsistensi dalam melakukan servis berkala adalah langkah penting untuk menjaga kendaraan Anda tetap dalam kondisi terbaik dan menghindari masalah yang tidak diinginkan di masa depan.

Bagi Anda yang saat ini masih bingung mencari bengkel mobil terbaik untuk merawat ataupun melakukan segala jenis servis demi performa kendaraan Anda, Bengkelly adalah solusi terbaik. Bengkelly menawarkan berbagai layanan servis mobil termasuk servis rutin dan servis berkala.

Anda dapat menghubungi pihak bengkel melalui nomor +62 811-9510-175 dan atau
+62 812-9261-2200. Atau bisa juga melalui email [email protected] kemudian pihak bengkel akan menghubungi Anda.