Pertamax Green 95: BBM Ramah Lingkungan Pengganti Pertalite

Pertamax Green 95: Si Ramah Lingkungan Pengganti Pertalite

Pengenalan Pertamax Green 95 sebagai pengganti pertalite merupakan salah satu langkah besar dalam upaya mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. Dengan berbagai keunggulan dan manfaatnya, bahan bakar ini menjanjikan perubahan yang positif dalam industri bahan bakar, sambil memperhatikan keberlanjutan lingkungan.

BBM baru jenis ini diumumkan PT. Pertamina (persero) yang bekerjasama dengan PT Energi Agro Nusantara (PT ENERO) untuk mengeluarkan varian baru yang mengundang banyak perhatian, yaitu Pertamax Green 95.

Kali ini, bengkelly.co.id akan membawa pembaca untuk mengenal lebih jauh tentang apa itu Pertamax green 95, seperti apa jenis bahan bakar ini dan apa saja keunggulannya dibandingkan dengan jenis bahan bakar lain.

Apa itu Pertamax Green 95?

Pertamax Green 95
Pertamax Green 95

Pertamax Green 95 adalah salah satu jenis bahan bakar yang diproduksi oleh PT Pertamina (Persero), perusahaan energi terkemuka di Indonesia. Bahan bakar ini merupakan varian premium yang dirancang untuk memberikan kinerja yang optimal bagi kendaraan bermotor sambil memperhatikan keberlanjutan lingkungan.

Baca Juga:

Ada 8 Jenis BBM, Yuk Simak Apa Saja!

BBM ini diklaim lebih ramah lingkungan karena berasal dari pencampuran antara Pertamax dengan Bioetanol sebesar 5 persen (E5). Bioetanol ini merupakan senyawa alkohol yang berasal dari tumbuhan, yakni mengguankan tebu. Proses produksi etanol dari tetes tebu melibatkan fermentasi gula yang ada dalam tebu menjadi etanol, yang kemudian dapat dicampurkan dengan bahan bakar bensin untuk digunakan dalam kendaraan bermotor.

Sebelum peluncurannya, bahan bakar ini telah melalui serangkaian uji atau tes di laboratorium untuk tes pertamanya. Kedua, dyno test (dynamometer), yang umumnya mengukur gaya, torsi atau tenaga pada kendaraan. Ketiga, road test yaitu uji jalan kendaraan dengan bahan bakar Pertamax Green 95.

Baca Juga:  GPS Tracker Mobil Ternyata Sangat Berguna Loh!

Tujuan dari Pertamax Green ini diharapkan dapat mendukung target nasional dalam mencapai bauran Energi Baru Terbarukan (EBT) sebesar 31 persen pada tahun 2050 dan diharapkan dapat mencapai nol emisi karbon (net zero emission/NZE) Indonesia di tahun 2060. Dilansir dari beberapa sumber, BBM baru Pertamina ini sudah mulai dijual seharga Rp 13.500 per liter.

Keunggulan Pertamax Green 95

Pertamax Green 95
Pertamax Green 95

Pertamax Green 95 memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya menjadi pilihan yang menarik sebagai pengganti pertalite. Berikut adalah beberapa keunggulan utama yang mungkin perlu Anda ketahui:

1. Tingkat Oktan yang Tinggi

BBM ini memiliki tingkat oktan yang lebih tinggi daripada pertalite, yang berarti bahan bakar ini memiliki kemampuan anti-knocking yang lebih baik. Hal ini dapat menghasilkan pembakaran yang lebih efisien dalam mesin, meningkatkan kinerja, dan mengurangi risiko kerusakan pada mesin.

2. Ramah Lingkungan

Dengan mengandalkan aditif khusus, Pertamax Green 95 dapat mengurangi emisi gas buang beracun seperti nitrogen oksida (NOx) dan partikulat. Ini membantu mengurangi jejak karbon dari kendaraan bermotor dan mendukung upaya mitigasi perubahan iklim.

Baca juga:

BBM Industri: Pahami Jenis dan Pertimbangannya

3. Membersihkan Mesin

Aditif yang terkandung dalam bahan bakar juga membantu membersihkan deposit yang terbentuk di dalam mesin. Hal ini dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar, mengoptimalkan kinerja mesin, dan memperpanjang umur mesin kendaraan.

4. Perlindungan Terhadap Komponen Mesin

Kandungan aditif khusus juga memberikan perlindungan tambahan terhadap komponen-komponen kritis dalam mesin, seperti katup dan injektor bahan bakar. BBM ini membantu menjaga agar mesin tetap beroperasi dengan baik dan mengurangi risiko kerusakan yang disebabkan oleh penggunaan bahan bakar berkualitas rendah.

5. Kompatibilitas dengan Mesin Modern

Baca Juga:  6 Komponen Mesin Mobil, Ada Apa Aja Sih? Yuk Simak!

Bahan bakar ini dirancang untuk kompatibel dengan mesin-mesin modern yang dilengkapi dengan teknologi canggih, termasuk injeksi bahan bakar langsung dan sensor-sensor yang sensitif terhadap kualitas bahan bakar.

6. Mengandung Etanol dari Tetes Tebu

Etanol adalah jenis bahan bakar bio yang dapat diproduksi dari berbagai sumber tanaman, salah satunya adalah tebu. Penggunaan etanol dalam bahan bakar memiliki beberapa manfaat, seperti pengurangan emisi gas rumah kaca, diversifikasi sumber energi, dan pendorong ekonomi lokal.

Dengan kombinasi keunggulan-keunggulan ini, Pertamax Green 95 menjadi pilihan yang menarik bagi pengguna kendaraan yang peduli terhadap lingkungan dan menginginkan kinerja yang optimal dari mesin mereka.

Daftar SPBU yang Menyediakan

Daftar SPBU yang menyediakan
Daftar SPBU yang menyediakan

Dilansir dari mypertamina.id, Pertamax Green 95 merupakan produk terbaru dari PT Pertamina Patra Niaga Subholding Commercial & Trading sebagai bentuk  komitmen service, layanan Pertamina dalam menyediakan produk-produk berkualitas tinggi bagi masyarakat. Bahan bakar baru ini  memiliki nilai oktan RON 95 dengan emisi gas buang yang rendah.

Saat ini, bahan bakar ini baru di jual di 5 SPBU di Jakarta dan 12 SPBU di Surabaya, Jawa Timur. Namun, seiring perkembangannya, produk ini akan dikembangkan di seluruh pulau jawa hingga luar jawa. Berikut adalah daftarannya.

JAKARTA

  1. SPBU MT Haryono – 31.128.02
  2. SPBU Fatmawati  – 31.124.02
  3. SPBU Lenteng Agung – 31.126.01
  4. SPBU Fatmawati  – 31.124.01
  5. SPBU Sultan Iskandar Muda Kebayoran – 31.122.04

SURABAYA

  1. SPBU Jemursari – 51.601.65
  2. SPBU Soetomo – 51.601.77
  3. SPBU Mulyosari – 54.601.02
  4. SPBU Merr – 54.601.113
  5. SPBU Ketintang – 54.601.124
  6. SPBU Karang Asem – 54.601.128
  7. SPBU Mastrip – 51.601.108
  8. SPBU Citra Raya Boulevard – 54.601.119
  9. SPBU Juanda – 51.612.66
  10. SPBU Buduran – 54.612.64
  11. SPBU Arjuno – 54.601.96
  12. ⁠SPBU Prayungan – 54.621.02
Baca Juga:  Jenis jenis Mobil Listrik: Kenali Masing-masing Keunggulannya!

Anda dapat menghubungi lokasi SPBU terdekat untuk mendapatkan jenis BBM Pertamax Green 95.

Kesimpulan

Bahan bakar Pertamax Green 95 merupakan inovasi terbaru dari PT Pertamina yang menggantikan pertalite dengan varian yang lebih ramah lingkungan dan berkualitas tinggi. BBM jenis terbaru ini menawarkan berbagai keunggulan, termasuk tingkat oktan yang tinggi, formulasi ramah lingkungan, perlindungan mesin, dan ketersediaan yang luas di sejumlah SPBU tertentu. Dengan mengadopsi bahan bakar ini, pengguna kendaraan diharapkan dapat mengoptimalkan kinerja mesin mereka sambil mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

Untuk menunjang pengalaman berkendara Anda, pemilihan jenis bahan bakar yang tepat tidak hanya menjadi penentu untuk performa kendaraan Anda. Servis rutin perlu dilakukan sesuai dengan rekomendasi pabrikan supaya kinerja kendaraan Anda tetap optimal.

Bengkelly hadir sebagai solusi perawatan dan perbaikan kendaraan Anda dengan layanan yang cepat, tepat dan berkualitas oleh mekanik mobil profesional. Untuk informasi layanan Anda dapat menghubungi +62 811-9510-175 dan atau +62 856-0490-2127 dan atau melalui email [email protected]. Silakan untuk mengisi form di bawah ini untuk keterangan lebih lanjut.

Form Registrasi