Mobil Tidak Bisa Distarter? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Mobil Tidak Bisa Distarter? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Masalah mobil tidak bisa distarter bisa menjadi pengalaman frustrasi bagi banyak pengemudi. Sejumlah faktor dapat menjadi penyebabnya, mulai dari masalah dengan sistem starter hingga masalah pada sistem bahan bakar atau listrik.

Salah satu penyebab umum mobil tidak bisa distarter adalah aki yang lemah atau rusak. Aki yang sudah tua atau terlalu sering terlupakan untuk diisi ulang dapat kehilangan kapasitasnya menyuplai daya yang cukup untuk menghidupkan mesin. Selain itu, kabel-kabel yang terhubung ke aki juga perlu diperiksa karena koneksi yang longgar atau korosi dapat mengganggu aliran listrik yang stabil.

Mengatasi masalah mobil yang tidak menyala saat di starter bisa menjadi tantangan, terutama jika penyebabnya tidak segera teridentifikasi. Oleh karena itu, Admin Bengkelly kali ini akan membahas artikel tentang bagaimana cara mengatasi mobil yang tidak bisa distarter lengkap dengan penyebabnya.

Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter

Mobil Tidak Bisa Distarter
Mobil Tidak Bisa Distarter

Mobil yang tidak bisa distarter akan sangat menjengkelkan dan mengganggu mobilitas sehari-hari Anda. Keadaan ini tentunya membuat perjalanan kamu jadi terhambat dan pastinya tidak efisien waktu. Berikut adalah beberapa penyebab yang membuat mobil Anda tidak bisa distarter, antara lain:

Baca Juga:

Kaca Mobil Macet? Ternyata Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya
  1. Aki Lemah atau Rusak: Aki yang sudah tua atau terlalu sering terbongkar bisa kehilangan kapasitasnya untuk menyuplai daya yang cukup. Kabel-kabel yang terhubung ke aki perlu diperiksa karena koneksi yang longgar atau korosi bisa mengganggu aliran listrik yang stabil.
  2. Starter Motor Rusak: Jika starter motor mengalami masalah, seperti gigi yang aus, kumparan yang rusak, atau sikat yang aus, mesin tidak akan dapat dihidupkan dengan baik.
  3. Sistem Bahan Bakar Bermasalah: Pompa bahan bakar yang rusak atau injektor yang tersumbat bisa mengganggu aliran bahan bakar yang diperlukan untuk memulai mesin.
  4. Sistem Pengapian Bermasalah: Komponen-komponen seperti koil pengapian, busi, atau kabel pengapian yang aus atau rusak bisa mengganggu pembakaran yang tepat dalam ruang bakar.
  5. Sensor-sensor yang Rusak: Sensor-sensor seperti sensor tekanan oli, sensor suhu mesin, atau sensor posisi kruk-as, jika mengalami kerusakan atau kegagalan, bisa mempengaruhi kinerja mesin dan membuat mobil sulit dinyalakan.
  6. Kunci yang Tidak Cocok: kunci yang tidak cocok atau rusak bisa membuat mobil sulit untuk dinyalakan. Ini bisa disebabkan oleh kunci yang aus atau sirkuit transponder yang rusak.
  7. Fusible Link atau Fuse yang Putus: Fusible link atau fuse yang putus bisa mengganggu aliran listrik ke sistem starter atau komponen lain untuk memulai mesin.
  8. Masalah Pada Sistem Elektrikal: Kabel-kabel yang putus atau konslet, relay yang rusak, atau saklar yang aus, bisa menyebabkan mobil tidak mau menyala saat di starter.
Baca Juga:  Jenis Mobil Hatchback: Gaya dan Performa yang Mengagumkan

Memahami berbagai penyebab ini dapat membantu Anda mendiagnosis dan memperbaiki masalah mobil yang tidak mau menyala saat di starter. Dalam beberapa kasus, bantuan dari mekanik profesional mungkin diperlukan untuk menyelesaikan masalah yang lebih kompleks.

Cara Mengatasi Mobil yang Tidak Menyala saat Distarter

Mobil Tidak Bisa Distarter
Mobil Tidak Bisa Distarter

Setelah mengetahui hal-hal apa saja yang menyebabkan mobil tidak bisa di starter, selanjutnya Anda harus mengetahui bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut. Hal ini penting diketahui jika suatu saat Anda mengalami masalah serupa, sehingga membuat perjalanan Anda menjadi tidak menyenangkan.

Baca Juga:

Merawat Aki Mobil, Panduan agar Mobil Tetap Awet dan Andal

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi mobil yang tidak bisa di starter:

  1. Periksa Aki: Anda dapat menggunakan multimeter untuk mengukur tegangan aki. Jika tegangan aki rendah, coba cas aki menggunakan charger atau jumper dari mobil lain.
  2. Periksa Kabel dan Terminal Aki: Pastikan kabel-kabel dan terminal aki bersih dan terhubung dengan baik. Bersihkan terminal aki dari korosi menggunakan sikat logam dan larutan air soda kue.
  3. Periksa Starter Motor: Periksa starter motor untuk melihat apakah ada tanda-tanda kerusakan seperti gigi yang aus atau sikat yang aus.
  4. Periksa Sistem Bahan Bakar: Pastikan pompa bahan bakar berfungsi dengan baik dan mengalirkan bahan bakar dengan benar ke mesin.
  5. Periksa Sistem Pengapian: Pastikan sistem pengapian bekerja dengan baik dengan memeriksa koil pengapian, busi, dan kabel pengapian.
  6. Periksa Sensor-sensor: Periksa sensor-sensor pada mobil untuk memastikan mereka berfungsi dengan baik.
  7. Periksa Kunci: Pastikan kunci yang Anda gunakan cocok dengan mobil. Jika menggunakan kunci transponder, pastikan sirkuit transponder berfungsi dengan baik.
  8. Periksa Fuse dan Fusible Link: Periksa fuse dan fusible link untuk melihat apakah ada yang putus. Ganti fuse yang rusak dengan yang baru.
  9. Periksa Sistem Elektrikal: Periksa kabel-kabel untuk melihat apakah ada yang putus atau konslet. Periksa juga relay dan saklar untuk melihat apakah mereka berfungsi dengan baik.
  10. Dapatkan Bantuan Profesional: Jika Anda tidak menemukan akar penyebab masalah atau perbaikan terlalu rumit, disarankan untuk mendapatkan bantuan dari mekanik profesional.
Baca Juga:  Pemasangan Relay Klakson: Kunci untuk Klakson Lebih Keras

Dengan melakukan pemeriksaan menyeluruh dan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mengatasi masalah mobil yang tidak menyala saat di starter. Kemudian Anda akan mendapatkan mobil Anda kembali berjalan dengan baik.

Perawatan yang Bisa Dilakukan

Perawatan Mobil yang Tidak Bisa Distarter
Perawatan Mobil yang Tidak Bisa Distarter

Setelah mengetahui penyebab dan cara mengatasinya, Anda harus mengetahui teknik perawatan yang bisa Anda lakukan untuk mencegah masalah yang serupa di masa depan. Untuk mencegah masalah mobil yang tidak mau menyala saat di starter, Anda dapat melakukan beberapa langkah perawatan berkala, antara lain:

  1. Perawatan Rutin Aki: Pastikan untuk secara teratur memeriksa kondisi aki mobil dan membersihkan terminal aki dari korosi. Selain itu, pastikan aki terisi penuh dengan air aki jika diperlukan, dan periksa tegangan aki secara berkala.
  2. Perawatan Sistem Bahan Bakar: Bersihkan sistem bahan bakar secara berkala dan gunakan bahan bakar berkualitas baik untuk mencegah penumpukan kotoran di injektor atau filter bahan bakar.
  3. Perawatan Sistem Pengapian: Ganti busi sesuai dengan jadwal yang direkomendasikan oleh produsen mobil dan pastikan sistem pengapian berfungsi dengan baik. Bersihkan koil pengapian dan kabel pengapian secara berkala untuk memastikan kinerjanya optimal.
  4. Perawatan Sistem Elektrikal: Periksa kabel-kabel listrik secara berkala untuk melihat apakah ada kerusakan atau konslet. Pastikan juga fuse dan fusible link berfungsi dengan baik, dan ganti jika diperlukan.
  5. Perawatan Starter Motor: Bersihkan gigi starter dan lakukan pelumasan jika diperlukan. Perhatikan tanda-tanda keausan atau kerusakan dan lakukan perbaikan atau penggantian sesuai kebutuhan.
  6. Perawatan Sensor-sensor: Periksa sensor-sensor pada mobil secara berkala untuk memastikan mereka berfungsi dengan baik. Bersihkan sensor-sensor dan pastikan koneksi elektrikalnya stabil.
  7. Perawatan Umum Mobil: Selain perawatan spesifik pada sistem-sistem yang rentan, pastikan untuk melakukan perawatan umum mobil. Misalnya seperti perawatan mesin, sistem pendinginan, sistem rem, dan sistem suspensi sesuai dengan jadwal yang direkomendasikan oleh produsen mobil.
Baca Juga:  Ganjil Genap Arus Balik 2024, Ini Dia Jadwal hingga Dampaknya!

Dengan melakukan perawatan yang teratur dan menyeluruh, Anda dapat mencegah masalah mobil yang tidak mau menyala saat di starter dan memastikan mobil Anda tetap beroperasi dengan baik dalam jangka waktu yang lebih lama.

Baca Juga:

Dinamo Starter Mobil, Pahami Penyebab Rusaknya!

Kesimpulan

Masalah mobil tidak bisa distarter dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk aki yang lemah, starter motor yang rusak, masalah pada sistem bahan bakar atau pengapian, sensor-sensor yang bermasalah, kunci yang tidak cocok, fuse yang putus, atau masalah pada sistem elektrikal lainnya. Untuk mengatasi masalah ini, penting untuk melakukan diagnosis menyeluruh dan mengidentifikasi akar penyebabnya.

Langkah-langkah perawatan yang tepat, seperti memeriksa dan merawat aki, sistem bahan bakar, pengapian, sistem elektrikal, dan sensor-sensor mobil secara berkala, dapat membantu mencegah terjadinya masalah mobil yang tidak mau menyala saat di starter. Dalam beberapa kasus, bantuan dari mekanik profesional mungkin diperlukan untuk menyelesaikan masalah yang lebih kompleks. Dengan melakukan perawatan yang tepat, Anda dapat meminimalkan risiko terjebak di jalan dengan mobil yang tidak berfungsi dan memastikan mobilitas Anda tetap terjaga.

Jika Anda mengalami masalah seperti di atas, Anda dapat menghubungi Bengkelly. Bengkel mobil yang lengkap, aman dan terpercaya dengan mekanik andal dan berpengalaman. Anda dapat menghubungi kami di +62 811-9510-175 dan atau +62 812-9261-2200 dan atau melalui email [email protected]. Anda dapat mengisi form di bawah ini, dan pihak bengkel akan menghubungi Anda untuk informasi lebih lanjut.

Form Registrasi