Penyebab Mobil Mogok yang Perlu Anda Ketahui!

Penyebab Mobil Mogok yang Perlu Anda Ketahui!

Saat mobil tiba-tiba mogok di tengah perjalanan, itu bisa menjadi momen yang membingungkan dan menyebalkan bagi pengemudi. Penyebab mobil mogok bisa bervariasi dari masalah yang sederhana hingga perbaikan yang lebih rumit, seperti masalah mesin, kehabisan bahan bakar, atau sistem listrik yang bermasalah.

Dalam banyak kasus, Anda sebagai pemilik mobil mungkin bertanya-tanya apa yang sebenarnya menyebabkan mobil mereka mogok. Salah satu penyebab paling umum adalah masalah dengan sistem bahan bakar pada mobil, seperti pompa bahan bakar yang rusak, dapat menghentikan mobil Anda dalam sekejap.

Mobil mogok juga bisa disebabkan oleh kelebihan panas atau overheating. Ini bisa terjadi karena kebocoran pada sistem pendinginan, kerusakan pada kipas radiator, atau bahkan kondisi cuaca yang sangat panas. Kali ini admin Bengkelly akan membahas mengenai penyebab mobil mogok, karena dengan memahami penyebab umum mobil mogok dapat membantu Anda lebih waspada dan siap menghadapi situasi darurat tersebut.

Penyebab Mobil Mogok

Ketika mobil kita tiba-tiba mogok, itu bukan hanya sekadar kendala teknis; itu merupakan momen ketidaknyamanan yang dapat merugikan mobilitas sehari-hari. Penyebab mogoknya mobil bisa sangat beragam, dan seringkali memicu rasa kekhawatiran dan frustrasi. Saat mobil mogok, seringkali mengira bahwa masalahnya terletak pada aki.

Sebenarnya hal tersebut memang dapat terjadi, namun penyebabnya mungkin bukan pada masalah aki. Oleh karena itu, pemahaman mendalam terhadap penyebab umum mobil mogok dapat menjadi langkah awal yang penting dalam memelihara dan menjaga kesiapan kendaraan bermotor.

Aki Mobil Bermasalah

Selain kehabisan bahan bakar, mobil mogok dapat terjadi karena disebabkan oleh aki mobil yang sudah tidak lagi dalam kondisi yang baik. Aki mobil memiliki peran yang penting terhadap kelancaran kelistrikan mobil. Apabila aki mesin mobil tidak berfungsi sebagaimana mestinya, maka mesin akan sulit untuk menyala bahkan jika diusahakan beberapa kali.

Namun jika mobil dipaksakan untuk berjalan dengan kondisi aki yang bermasalah akan menyebabkan kerusakan yang fatal pada komponen lain. Untuk mencegah mobil mogok akibat aki, penting untuk melakukan perawatan rutin, memeriksa kondisi aki secara berkala, dan mengatasi masalah segera setelah terdeteksi.

Baca Juga:  Cairan Pembersih Mesin Mobil: Menjaga Jantung Kendaraan

Alternator Bermasalah

Kedua alternator yang bermasalah seringkali dianggap sepele, sebagian orang beranggapan bahwa hanya aki yang bermasalah saja yang dapat membuat mobil mogok. Alternator juga dikenal sebagai dinamo ampere, yang memiliki fungsi utam untuk memasok energi listrik dari aki mobil.

Apabila energi yang dipasok terpenuhi maka mobil dapat dinyalakan dan berjalan dengan normal. Kerusakan pada alternator ini dapat ditandai dengan suara decitan pada mesin dan tercium aroma karet terbakar. Dapat dilihat juga dari lampu indikator baterai aki yang menyala serta lampu sorot yang lebih redup.

Dinamo Starter

Komponen dinamo starter digunakan untuk menghidupkan mesin pertama kali. Dinamo starter merupakan sebuah komponen pertama yang bersentuhan dengan mesin pada saat dihidupkan. Kecil kemungkinan dinamo starter akan rusak. Namun jika dinamo starter mengalami kerusakan maka dapat mengakibatkan kendaraan tidak berfungsi.

Rusaknya dinamo starter karena umur dan pemakaian. Jika mobil Anda sudah tua dan dinamo starternya tidak pernah diganti, komponen ini dapat rusak. Selain itu, penggunaan mobil yang tidak tepat dapat merusak dinamo starter.

Karburator Mobil

Karburator
Penyebab Mobil Mogok

Salah satu fungsi yang sangat penting dari karburator pada mobil adalah mendistribusikan bahan bakar yang masuk ke ruang pembakaran mesin. Masalah yang umumnya terjadi pada komponen ini yaitu bahan bakar masuk ke dalam mobil terlalu sedikit. Akibatnya, sistem bahan bakar tidak melakukan pembakaran secara sempurna sehingga akan terjadi masalah sulit untuk dihidupkan.

Baca Juga:

Kehabisan Bensin di Jalan Tol? Jangan Panik, Ini Solusinya!

Apabila mobil yang Anda kendarai tiba-tiba mogok dan terdapat indikasi masalah pada karburator, lepaskan segera selang yang terhubung ke karburator lalu masukkan ke dalam mobil. Setelah itu, cobalah untuk menghidupkan mesin mobil kembali.

Overheat

Mesin yang mengalami overheat juga dapat menyebabkan mobil mogok. Selain karena pemiliki mobil lupa mengecek air radiator, overheat pada kendaraan juga bisa terjadi apabila Anda tinggal di daerah yang suhu udaranya cukup panas sehingga menyebabkan overheat.

Air radiator kurang atau bahkan habis dapat menyebabkan overheat, yang dapat menyebabkan mobil Anda mogok. Jika pendinginan pada mesin tidak cukup untuk menjaga suhu mesin mobil, maka akan berakibat buruk bagi komponen mesin mobil Anda. Salah satu komponen yang dapat rusak adalah piston. Piston kendaraan dapat meleleh sehingga menyebabkan fungsi piston tidak berfungsi dan mobil akan mati.

Panduan Mengatasi Mobil Mogok

Lampu Hazard
Penyebab Mobil Mogok

Saat mobil mogok, bukan hanya situasi mendesak tetapi juga memerlukan pemahaman dan keterampilan untuk mengatasi masalah tersebut. Keadaan ini bisa terjadi karena berbagai faktor, mulai dari kerusakan mesin hingga masalah pada sistem kelistrikan.

Baca Juga:  Kampas Rem Mobil: Pahami Jenis dan Tips Memilihnya

Jangan panik! panduan mengatasi mobil mogok ini dapat menjadi hal yang penting bagi setiap pengemudi. Dalam panduan ini memberikan pemahaman mendalam tentang langkah-langkah yang perlu diambil ketika kendaraan berhenti tiba-tiba.

  1. Arahkan ke Pinggir Jalan: Agar mobil Anda tidak mengganggu pengendara lain yang dapat menyebabkan jalanan macet, pinggirkan mobil Anda ke pinggir jalan. Jika saat berkendara Anda sudah merasa terdapat masalah pada mobil Anda, segera menepilah ke pinggir jalan.
  2. Aktifkan Lampu Hazard: Lampu hazard yang menyala menandakan bahwa sebuah mobil berada dalam situasi darurat, sehingga pengendara lain dapat berhati-hati saat melintasi mobil yang mogok. Namun jika Anda kesulitan menyalakan lampu hazard, Anda bisa mengandalkan segitiga peringatan sebagai sinyal darurat.
  3. Cek Lampu Indikator dan Komponen Lain: Selain menyalakan lampu hazard, perhatikan apakah lampu indikator mobil menyala di sisi pengemudi, hal ini menandakan adanya masalah pada salah satu komponen. Selanjutnya, periksa komponen yang rusak dan jika memungkinkan perbaiki atau ganti komponen tersebut.
  4. Cek Bagian yang Mengalami Kerusakan: Apabila sulit untuk mengetahui penyebab mobil mogok melalui lampu indikator, Anda dapat dengan cepat mengetahui penyebab mobil mogok dengan membuka kap mesin dan melihat setiap komponen mobil. Anda dapat melakukan pengecekan dengan memeriksa ketinggian air aki dan kabel aki, sikring yang terkoneksi, memeriksa karburator mesin, dan periksa dinamo starter.

Cara Mencegah Mobil Mogok

Penyebab Mobil Mogok
Penyebab Mobil Mogok

Sebelum Anda mengalami mobil mogok saat berkendara di jalan, Anda dapat mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan saat berkendara. Mobil mogok dapat terjadi karena berbagai alasan, namun bukan berarti hal tersebut tidak dapat dihindari. Menerapkan cara pencegahan ini pada mobil Anda akan mengurangi resiko mobil mogok.

  1. Service Mobil Rutin: Melakukan service berkala atau rutin menjadi salah satu langkah paling ampuh agar mobil Anda tidak mogok saat digunakan. Perawatan keseluruhan komponen mesin mobil dapat dilakukan di bengkel resmi, dan idealnya dilakukan secara rutin.
  2. Panaskan Mesin Sebelum Digunakan: Cara ini merupakan cara yang paling mudah dan dapat dilakukan sendiri dirumah. Memanaskan mesin sebelum dipakai untuk memastikan mesin dalam kondisi yang optimal dan siap untuk digunakan. Cara ini dapat menjaga kondisi mesin tetap prima, dan dapat membantu untuk menemukan indikasi awal jika ada yang tidak beres pada mesin mobil Anda.
  3. Selalu Cek Bahan Bakar: Salah satu cara untuk mencegah mobil Anda mogok adalah dengan memeriksa bahan bakar mobil Anda sebelum berkendara. Jika bahan bakar Anda hampir habis, segeralah mengisi bahan bakar sebelum melakukan perjalanan jauh. Jika mobil Anda merupakan mobil listrik, pastikan baterainya memiliki daya yang cukup untuk perjalanan.
  4. Memiliki Nomor Bengkel Langganan: Untuk berjaga-jaga jika terjadinya masalah pada mobil Anda, sebaiknya menyimpan nomor telepon bengkel pada ponsel Anda. Hal ini dapat membantu Anda disaat kedaraan darurat. Kebanyakan bengkel mobil belum memiliki jasa derek mobil sendiri sehingga Anda perlu mengetahui jasa derek mobil untuk membawa mobil ke bengkel. Namun memanggil jasa derek mobil juga perlu mengetahui aturan derek mobil.
Baca Juga:  Jenis Oli Mobil: Pentingnya Memilih Oli yang Tepat

Kesimpulan

Mobil mogok merupakan mobil mengalami kerusakan atau berhenti beroperasi secara tiba-tiba. Jika mobil Anda mogok, penting untuk memeriksa penyebabnya. Penyebab mobil mogok bervariasi dapat terjadi karena aki mobil bermasalah, overheat, alternator mengalami kerusakan, dan lainnya. Salah satu penyebab paling umum adalah bahan bakar mobil yang hampir habis atau bahkan habis, sehingga mobil tidak dapat berjalan atau mogok.

Apabila mobil Anda mogok jangan panik, dengan memahami panduan mengatasi mobil yang mogok Anda jadi mengetahui apa yang harus dilakukan saat berada dalam kondisi tersebut. Selain panduan mengatasi mobil mobil, Anda juga harus memahami cara mencegah mobil mogok, agar perjalanan Anda terasa nyaman dan aman. Dengan memanaskan mesin mobil sebelum berkendara, Anda dapat mengetahui apabila terjadi kerusakan pada mobil Anda dan segera memperbaikinya. Jika Anda tidak dapat memperbaikinya sendiri, sebaiknya panggil bengkel.

Apabila Anda merupakan perusahaan logistik yang ingin bekerjasama dengan Bengkelly, Anda dapat hubungi Bengkelly. Dengan layanan Bengkelly armada kendaraan Anda akan selalu bekerja secara optimal, dan pihak Bengkelly akan memberikan histori perbaikannya kepada Anda. Anda dapat menghubungi kami melalui email [email protected], nomor telepon 021 5080 8195/ 0856-0490-2127, atau Anda juga dapat mengisi form dibawah ini:

Form Registrasi